Cegah Covid-19, Petugas Rutin Bersihkan Taman Denggung dan Semprotkan Disinfektan

Senin, 30 November 2020 : 16.23
Pak Nur, petugas perawatan taman Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman, membersihkan Taman Denggung, Sleman/Agus Nugroho Purwanto.

Denpasar - Seksi Pengembangan dan Pemeliharaan Taman mempunyai fungsi pelaksanaan penyediaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana taman dan hutan kota. Untuk menjaga kecantikan dan tata kota, Dinas Lingkungan Hidup memiliki petugas yang berkeliling dalam memantau kebersihan.

Pak Nur, petugas perawatan taman Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman, tengah membersihkan Taman Lapangan Denggung di tengah Kota Sleman.

Di tengah pandemi pekerjaannya bertambah extra karena disamping perawatan rutin taman dan patung kabupaten, menurutnya ikut menjaga kebersihan kota dengan menyemprotkan desinfektan juga ikut membantu orang lain agar tidak tertular virus ini.

"Meskipun tidak diwajibkan untuk menyemprotkan desinfektan, tapi karena ini adalah aset yang sering dipakai untuk selfie pengunjung, sangat rentan terpapar virus jika tidak sering dibersihkan," tuturnya Senin (30/11/2020).

Pekerjaan ini dimulai setiap hari pukul 08.00 Wita untuk pengecekan dan mulai membersihkan taman mulai dari lapangan Denggung hingga komplek kantor pemerintahan kota Sleman.

Ia tidak sendirian, karena terbagi dalam tiga kelompok dari Dinas LH yang bertugas untuk memantau dan pemeliharaan sarana prasarana taman dan hutan kota.

Apa yang dilakukan Pak Nur, memberikan inspirasi bahwa seorang petugas dari Lingkungan Hidup yang tidak mempunyai kewajiban pokok dalam gugus tugas covid-19, namun mampu membangkitkan semangat.

Semangat untuk ditiru agar penyebaran Covid-19 tidak meluas dengan kesadaran bahwa resiko terbesar dari penularan virus corona ini dari paparan yang tidak terdeteksi.

"Memakai masker, sering mencuci tangan akan mencegah kita terpapar oleh Covid-19," ucapnya sembari dirinya tetap disiplin menerapkan 3M.

Begitu juga wajib memakai masker akan melindungi paparan virus corona yang terbawa oleh angin. Penyemprotan desinfektan ke benda dan alat di sekitar kita juga akan membantu pencegahan virus corona menempel pada benda yang sering dipegang. (anp)

Bagikan Artikel

Rekomendasi