Cegah Covid-19, Operasi Yustisi Penegakan Prokes di Banyuwangi

Jumat, 20 November 2020 : 08.00
Tim gabungan petugas Polresta Banyuwangi, Satpol PP Banyuwangi dan Lanal Banyuwangi diback up Kodim 0825 Banyuwangi mengadakan operasi yustisi covid19 untuk penegakan penggunaan masker/Agus Nugroho Purwanto

Banyuwangi - Pnyebaran Covid-19 tidak membuat patah arang Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Hal ini membuat tantangan baru untuk ikut serta menaikkan kewaspadaan untuk membantu memutus rantai penyebaran covid19.

Tim gabungan petugas dari Polresta Banyuwangi, Satpol PP Banyuwangi dan Lanal Banyuwangi diback up Kodim 0825 Banyuwangi mengadakan operasi yustisi covid1-9 untuk penegakan penggunaan masker pada Kamis 19 November 2020 malam.

Razia kali ini menyasar pelanggar perorangan yaitu para pengguna jalan yang melintas jalan Ahmad Yani Banyuwangi. "Razia ini dilakukan untuk memberikan efek berupa sangsi teguran," kata perwira pengawas Polresta Banyuwangi, Kompol I Ketut Redana.

Redana, mengatakan, operasi hanya memberikan sangsi teguran kemudian didata dan sudah terintegrasi dengan data nasional untuk pelanggar protokol kesehatan di Kabupaten Banyuwangi.

Masyarakat yang terjaring semestinya selalu menggunakan masker untuk melindungi diri dan menjaga kesehatan untuk lingkungannya. Pada saat razia kali ini yang terjaring mungkin sedang lupa menggunakan masker.

Untuk ke depan, agar selalu ingat pesan ibu, 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak agar kita semua selamat dan terhindar dari penyebaran virus corona ini.

Para pelanggar yang terjaring razia kali ini setelah mendapatkan surat teguran kemudian di data dan diberikan masker agar senantiasa untuk menjalankan protokol kesehatan menggunakan masker dan jaga jarak.

Diketahui, Pemerintah Provinsi Jawa Timur resmi menerbitkan Peraturan Gubernur No.53 Tahun 2020 dan Perda Provinsi Jatim No.2 tahun Tentang Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Dengan dikeluarkannya pergub tersebut artinya Pemerintah Kabupaten banyuwangi dapat memberikan sanksi-sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan. (anp)

Bagikan Artikel

Rekomendasi