Bupati Suwirta : Mari Menjadi Pahlawan Bagi Diri Kita Sendiri

Selasa, 10 November 2020 : 17.38
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengajak masyarakat untuk bisa menjadi pahlawan bagi diri sendiri/ist

Semarapura - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengajak masyarakat untuk bisa menjadi pahlawan bagi diri sendiri dalam melawan kebodohan, kemiskinan kemiskinan, kebodohan dan melawan radikalisme serta melawan dalam bentuk-bentuk negatif yang berupaya menjatuhkan NKRI.

Hal itu disampaikan saat menjadi Inspektur Upacara memimpin Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan 2020 bertempat di Halaman Belakang Kantor Bupati Klungkung, pada Selasa (10/11/2020).

Pada Peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 bertemakan "Pahlawanku Sepanjang Masa".

Dalam Pelaksanaannya, Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan 2020 dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan COVID-19 dan pelaksanaan Upacara Bendera ini diikuti oleh seluruh ASN di lingkungan Pemkab Klungkung melalui Aplikasi Video Conference.

Bupati Suwirta membacakan Amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Juliari P Batubara mengajak Masyarakat Indonesia dalam melaksanakan Upacara memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November 2020 dengan mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik dengan khidmat meskipun sedang berada di tengah masa pandemic COVID-19.

Juliari menyampaikan, Hari Pahlawan tidak hanya sekedar diingat setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dia mengharapkan agar apa yang dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka.

“Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa seperti, Kemiskinan,bencana alam, narkoba, paham radikal, dan termasuk berjuang melawan pandemic COVID-19 yang saat ini melanda dunia,” ujarnya.

Peringatan hari Pahlawan pada tahun 2020 ini dapat berlangsung khidmat dan tidak kehilangan makna, bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Semangat Kepahlawan yang terus menyala dapat dijadikan motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa dan yakinlah apabila setiap anak bangsa Indonesia tertanam semangat dan nilai-nilai kepahlawanan, maka kita akan dapat menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa.”

“Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan Negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain,” ajaknya.

Pihaknya menghimbau, agar rakyat Indonesia berpartisipasi dalam memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020 sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan.

Juliari menambahkan agar kita dapat melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu, bergotong royong mengisi kemerdekaan membangun negeri, jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raga demi bumi pertiwi ini.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menambahkan Sesuai dengan Tema Pada Hari Pahlawan tahun 2020 yakni Pahlawanku Sepanjang Masa, yang memiliki arti bahwa keteladanan para pahlawan, jiwa-jiwa pahlawan tidak boleh menghilang sampai kapanpun juga.

Harus ada didalam diri, pengertian pahlawan saat ini adalah bukan pahlawan dalam melawan penjajahan, tetapi melawan diri kita sendiri, kemiskinan, kebodohan dan melawan radikalisme serta melawan dalam bentuk-bentuk negatif yang berupaya menjatuhkan NKRI.

“Mari kita semua menjadi pahlawan bagi diri kita sendiri,” ujar Bupati Suwirta.

Hadir dalam Upacara Peringatan Hari Pahlawan yakni, Ketua DPRD Kabupaten Klungkung Anak Agung Gde Anom, Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra dan Forkompinda, serta para veteran. (nik)

Bagikan Artikel

Rekomendasi