Bupati Suwirta Apresiasi Telkom Sambung Kabel Laut Nusa Penida

Rabu, 11 November 2020 : 19.53
Sementara Kepala Telkom Bali Timur, Gede Arka Puniatmaja menyebutkan, penyambungan kabel laut ke Nusa Penida untuk mengatasi kendala-kendala yang terjadi saat ini./ist

Semarapura - Bupati Klungkung Nyoman Suwirta menanggapi positi rencana Telkom yang akan segera menyambung Kabel Laut ke Nusa Penida. Selama masa pandemi Covid 19 ini warga utamanya siswa terkendala sinyal internet di Kecamatan Nusa Penida, nampaknya segera teratasi.

Sebuah jaringan kabel bawah laut akan dipasang untuk mengatasi susah sinyal ke kepulauan tersebut. Menurut Bupati Suwirta saat menerima audiensi PT. Telkom di ruang rapat Bupati Klungkung, Rabu (11/11/2020).

Walaupun saat ini sudah ada beberapa tower yang dibangun di Nusa Penida tetapi secara keseluruhan sinyal internet masih menjadi kendala karena belum semua wilayah bisa mengaksesnya “Tentu saya menyambut baik rencana ini,” ujar Bupati Suwirta.

Terkait kelengkapan ijin, Bupati meminta PT. Telkom untuk melengkapi dan berkoordinasi dengan Dinas Perijinan Klungkung sehingga segera bisa ditindaklanjuti.

Dengan penyambungan jaringan kabel bawah laut itu, Bupati berharap semua wilayah di Nusa Penida bisa mengakses internet dengan cepat.

Terlebih jika nanti situasi sudah normal pasca pandemi Covid-19 dan kunjungan wisatawan kembali meningkat, tidak ada lagi kendala-kendala sinyal internet yang lemah.

“Mudah-mudahan bisa selesai dalam waktu yang ditarget,” harapnya.

Sementara Kepala Telkom Bali Timur, Gede Arka Puniatmaja menyebutkan, penyambungan kabel laut ke Nusa Penida untuk mengatasi kendala-kendala yang terjadi saat ini.

Selama ini jaringan internet yang ada di Nusa Penida akses globalnya masih menggunakan sistem radio yang ditembakkan dari daerah Kusamba.

“Telkom berinisiatif menjadikan Nusa Penida pulau digital dengan membangun khusus kabel laut masuk ke Nusa Penida,” ujarnya. Langkah awal yang dilakukan yakni membangun sebuah gedung diwilayah Banjar Celagi Landan Desa Suana sebagai akses pendaratan kabel laut tersebut.

Jika semua lancar, dipastikan pada Pebruari atau Maret kabel laut sudah tergelar sehingga kendala-kendala sinyal yang lemah, kapasitor yang lambat di Nusa Penida bisa terselesaikan.(lif)

Bagikan Artikel

Rekomendasi