BNPB Dukung Wisata Aman Bencana Labuan Bajo

Senin, 09 November 2020 : 00.30

Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendukung program Wisata Aman Bencana Labuan Bajo dengan armada udara dan laut. Dukungan BNPB tersebut berupa 1 unit helikopter dan 1 kapal cepat Sea Rider yang ditempatkan di Labuan Bajo.

Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, bantuan tersebut merupakan perhatian Pemerintah Pusat atas kelancaran dan keamanan wisata prioritas di kawasan Labuan Bajo.

"Dukungan ini untuk mengawal dan kesiapsiagaan dukungan penanggulangan bencana di kawasan Kabupaten Manggarai Barat dan kawasan Provinsi Nusa Tenggara Timur," ujarnya.

Dalam pelaksanaanya kapal cepat Sea Rider tersebut diserahterimakan ke Basarnas, daerah operasi Labuan Bajo dan helikopter diserahkan di bawah kendali Bupati.

Penempatan dua jenis kendaraan operasional laut dan udara tersebut juga sebagai bukti perhatian Pemerintah Pusat atas kelancaran dan keamanan wisata prioritas di kawasan Labuan Bajo.

Adapun hal itu sekaligus untuk mengawal kesiapsiagaan dukungan penanggulangan bencana di kawasan Kabupaten Manggarai Barat dan kawasan Provinsi NTT.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai Barat menyambut baik dukungan BNPB.

Armada helikopter memberikan akses cepat yang mampu menjangkau wilayah-wilayah kepulauan, seperti pelayanan medis hingga pengiriman logistik di daerah yang terisolasi.

"Ini helikopter sangat membantu sekali, respon kabupaten-kabupaten se-NTT sangat positif, karena kami lakukan kegiatan lintas kabupaten se-NTT," ujar Hans Mboeik salah satu tim BPBD Kabupaten Manggarai Barat melalui pesan digital.

"Daerah yang sangat terisolasi, pelayanan medis susah di sana, logistik makanan susah untuk masuk ke sana menjadi terbantu dengan adanya helikopter dari BNPB," sambungnya.

Dalam masa pandemi COVID-19, helikopter tersebut juga digunakan untuk kegiatan pengangkutan sampel swab COVID-19 dan alat kesehatan yang berkaitan dengan program kerja BNPB dan BPBD.

Diharapkan dengan adanya tambahan kendaraan Sea Rider Boat, maka penanggulangan bencana dan kegiatan lain untuk menunjang wisata aman bencana dapat lebih dimaksimalkan.

“Helikopter juga kami gunakan untuk patroli penanggulangan bencana, pengangkutan sampel swab COVID-19, pengangkutan logistik alkes dan yangg berkaitan dengan program kerja BNPB dan BPBD,” tutupnya. (riz)

Bagikan Artikel

Rekomendasi