Protokol Kesehatan Diberlakukan, Masjid Agung Sudirman Berikan Kenyamanan Beribadah

Jumat, 02 Oktober 2020 : 22.03
Jamaah yang akan beribadah di Masjid Sudirman, mereka harus menjalani mengikuti protokol kesehatan mulai menjaga jarak seperti Sholat Jumat/foto:Veronika Octaviana

Denpasar - Ribuan jamaah benar-benar merasakan kenyamanan saat beribadah dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat di Masjid Agung Sudirman Kota Denpasar.

Jamaah yang akan beribadah di Masjid Sudirman, mereka harus menjalani mengikuti protokol kesehatan mulai menjaga jarak seperti Sholat Jumat. Kini, fasilitas Masjid Agung Sudirman memiliki daya tampung 1.200 Jamaah dengan memanfaatkan areal parkir yang cukup luas dan nyaman.

Saat pandemi Covid19, protokol kesehatan dilakukan sejak bulan Juni, dilakukan pembatasan, sehingga berkurang atau dibatasi untuk 900 jamaah.

Kemudian juga menggelar simulasi yang bekerjasama dengan Dinas Perhubungan untuk menjaga kelancaran lalu lintas, tim kesehatan, TNI AD, MUI, FKUB dan kepolisian setempat.

Simulasi tersebut sekaligus sebagai wadah sosialisasi untuk menyatakan bahwa masjid Agung Sudirman ini siap untuk digunakan sholat jumat di tengah pandemi Covid-19.

Jamaah sholat jumat ketika memasuki gerbang masjid akan diberi handsanitizer dan langsung melakukan cek suhu tubuh. Tak hanya itu, ada beberapa petugas yang memantau jalannya sholat jumat hingga selesai.

Apabila jamaah melanggar maka akan ditegur oleh petugas yang memantau. Jaga jarak antara 1 jamaah ke jamaah lainnya hingga mencapai 1, 5 meter.

“Jika ada jamaah yang melebihi suhu tubuh normal, maka akan kami bawa ke posko untuk diperiksa lebih lanjut oleh bidang kesehatan”, Wakil Ketua Umum Masjid Agung Sudirman Mayor Infantri Gaguk Sumartono, Jumat (2/10/2020).

Jamaah masjid, Rizki merasakan kenyamanan masjid apalagi dengan protokol kesehatan yang ketat. Jadi, dengan protokol Kesehatan itu bisa mengurangi rasa khawatir jamaah, meski banyak para jamaah sebenarnya benar-benar tetap terjaga protokol kesehatan.

"Apalagi ditambah dengan pendirian tenda di lahan parkir, sehingga kami para jamaah bisa lebih banyak peluang untuk sholat jumat di sini," imbuhnya.

Meski ribuan jamaah yang mengikuti Sholat Jumat, Masjid Agung Sudirman tetap menekankan peduli protokol kesehatan sebagaimana isi kutbah jumat yang disampaikan khotib (ver)

Bagikan Artikel

Rekomendasi