Masuki Libur Panjang Saat Pandemi, Wisatawan Padati Yogyakarta

Kamis, 29 Oktober 2020 : 06.41
Tidak seperti hari biasa, pada hari pertama libur panjang Rabu 28 Oktober 2020, malam,terlihat sangat ramai pengunjung yang memenuhi pedestarian trotoar sepanjang jalan Malioboro/Agus Nugroho Purwanto.

Yogyakarta - Semenjak pendemi virus corona atau Covid-19 melanda dunia sektor pariwisata menjadi salah satu bisnis yang terkena imbasnya.

Sektor pariwisata banyak yang terpukul akibat beberapa destinasi pariwisata yang ditutup dan menjadi sepi pengunjung untuk memutus rantai wabah virus corona sejak Februari 2020.

Namun, ada yang berbeda dengan suasana libur panjang bulan Oktober 2020 di tengah pandemi covid 19 kali ini. Tidak seperti hari biasa, pada hari pertama libur panjang Rabu 28 Oktober 2020, malam,terlihat sangat ramai pengunjung yang memenuhi pedestarian trotoar sepanjang jalan Malioboro.

Sepanjang jalan yang menjadi manget pariwisata Yogyakarta ini, nampak terjadinya lonjakan pengunjung wisatawan domestik. Meski begitu, para wisatawan tetap sadar diri untuk memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku, seperti tetap memakai masker dan membawa handsanitizer.

Namun, untuk menerapkan social distancing atau jarak cukul sulit penerapannya, karena banyaknya pejalan kaki yang berkelompok memenuhi jalan pedestarian trotoar Malioboro.

Kendati seperti itu, petugas Satpol PP yang berjaga di kawasan Malioboro selalu berkeliling dan menyuarakan untuk tetap memakai masker dan selalu menjaga diri dengan menerapkan protokol covid 19.

Libur panjang seperti ini, menjadi angin segar bagi para pedagang untuk menjajakan kembali barang dagangannya. Tidak hanya itu,beberapa hotel di Yogyakarta pun fullbooked dengan adanya libur panjang ini.

Budi, pemilik toko Medina Batik Malioboro Yogyakarta, mengaku omset penjualan meningkat 50 persen dibanding hari hari biasa saat pendemi corona.

Dia optimis, kondisi ini akan meningkat pada puncaknya di Sabtu dan Minggu lusa. "Semoga keadaan akan tetap kondusif di tengah pandemi Covid-19," harapnya. (anp)

Bagikan Artikel

Rekomendasi