Manfaatkan Got untuk Budidaya Ikan, Sekaa Teruna Tibubeneng Layak Jadi Percontohan

Sabtu, 31 Oktober 2020 : 09.56
Suiasa yang pernah menjabat Wakil Bupati Badung periode 2016-2021 itu mendatangi sekitar 50 anggota sekeha teruna yang berkumpul di Balai Banjar Kulibul Kawan pada Jumat (30/10/2020)/ist

Mangupura - Tokoh masyarakat Badung I Ketut Suiasa mengapresiasi inisiatif Sekaa Teruna Eka Dharma Bakti, Banjar Kulibul Kawan, Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung menebar ikan di sepanjang saluran pembuangan air.

Suiasa yang pernah menjabat Wakil Bupati Badung periode 2016-2021 itu mendatangi sekitar 50 anggota sekeha teruna yang berkumpul di Balai Banjar Kulibul Kawan pada Jumat (30/10/2020) pagi.

"Prakarsa para pemuda persebut patut diapresiasi karena di masa pandemi Covid-19 mampu mewujudkan gagasan untuk membuat lingkungan semakin bersih dan berbuat sesuatu yang menghasilkan bagi warga," ucap Suisa.

Ribuan benih ikan nila dan lele ditebar Suiasa bersama anggota sekaa teruna di sekitar selokan atau got yang telah dipersiapkan agar air bisa terjaga genangannya dan dipasang jaring di beberapa ruas.

Warga banjar telah bersepakat untuk merawat agar got terbebas dari tumpukan sampah. Langkah ini, adalah salah satu upaya kreatif dan inovatif yang harus didukung semua pihak.

"Saya sangat mengapresiasi dan langkah ini pantas dijadikan contoh bagi teruna di banjar lain, di Tibubeneng khususnya dan Kabupaten Badung pada umumnya,” Suiasa menegaskan.

Suiasa yang juga calon wakil bupati mendampingi calon bupati Giri Prasta di Pilkada Badung itu berharap, ditebarnya benih ikan tersebut, got harus dijaga kebersihan sehingga benih bisa berkembang dengan baik.

Dalam kesempatan sama, tokoh masyarakat Tibubeneng I Made Kamajaya mengatakan ikut membimbing dan mendorong teruna-teruni untuk kreatif dalam kondisi apapun, termasuk pada masa pandemi Covid-19 ini.

“Mereka telah melakukan berbagai kegiatan untuk alam lingkungan, tetapi juga aktivitas lain seperti seni budaya, olah raga, dan ekonomi kreatif untuk menyiasati kondisi sulit seperti sekarang,” kata Kamajaya.

Sementara, Ketua Sekaa Teruna Eka Dharma Bakti I Gede Ari Saputra mengatakan, bersama teruna-teruni ingin memanfaatkan got, agar tidak lagi dikotori sampah dan hasil panen kelak bisa bermanfaat bagi warga sekitar.

Dengan melakukan langkah kecil seperti itu, lanjut dia, diharapkan bisa menghasilkan sesuatu yang nyata, untuk sedikit ikut menyelamatkan lingkungan. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi