Hadapi Pandemi, Bupati Mas Sumatri: Segala Upaya Terbaik Kami Lakukan

Kamis, 01 Oktober 2020 : 06.42

Amlapura - Bupati Mas Sumatri menyampaikan bahwa dalam situasi Pandemi Covid-19 Pemkab Karangasem telah melakukan segala upaya yang terbaik guna membantu masyarakat.

"Bahkan saya sempat menemui langsung Kepala BNPB, agar dibantu dalam memenuhi APD, sebagai bentuk keseriusan kami dalam menghadapi Covid-19," ujar Mas Sumatri dalam Sosialisasi Program dan Kegiatan Penanggulangan Bencana BNPB di Kantor Bupati Karangasem, Bali, Rabu (30/9/2020).

Harus diakui bahwa ancaman covid-19 berdampak kepada semua sektor dan berpengaruh secara langsung kepada masyarakat secara umum, dan sangat berpengaruh kepada seluruh sendi kehidupan masyarakat.

"Selain menghadapi bencana alam yang ada, Saya yakin cobaan pandemi Covid-19 ini menambah beban BPBD Karangasem, memang cukup berat namun semoga ini bisa dilewati," ungkap Mas Sumatri.

Mas Sumatri juga menambahkan selain berjuang dalam segi pemenuhan APD, Pemkab Karangasem juga telah menggalakan program pembagian masker dan juga pembagian sembako dalam membantu ketahanan pangan.

"Segala upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 telah kami lakukan untuk masyarakat Karangasem, apapun yang terbaik akan kami lakukan,” tegasnya.

Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB B. Wisnu Widjaja dalam kesempatan tersebut memaparkan Pendekatan yang dilakukan dalam penanganan setiap bencana alam yang terjadi tidak hanya mengenai proses evakusi dan cara penanganan namun lebih diarahkan ke program lingkungan.

"Kami mengajak masyarakat untuk memperbaiki lingkungan dan mendapatkan penghasilan dari hal tersebut," ucap Wisnu.

Adanya bencana non alam Covid-19, Presiden juga telah menginstrusikan supaya lebih berkonsentrasi dalam perbaikan ekonomi masyarakat.

"Hal ini juga sedang kami gencarkan, dalam memberdayakan masyarakat tentunya untuk memperbaiki perekonomian, dimana semua merasa tertekan dalam kondisi pandemi ini, dan tentunya semua bisa teratasi asal kita bisa saling bahu membahu dalam mengahdapinya," bebernya.

Untuk menghadapi Covid-19 harus disetarakan dengan Perilaku yang harus diterapkan dalam pandemi, dan terus gencarkan sosialisasi dan edukasi masyarakat.

“Bentuklah satgas sampai ke desa adat, tanpa perlu sanksi yang berat saya rasa masyarakat pasti akan patuh dengan peraturan yang telah diterapkan desa adat," imbihnya. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi