Cegah Covid-19, Pengemudi Ojol Disiplin Terapkan Prokes

Kamis, 08 Oktober 2020 : 21.02
Pengemudi ojek online di Denpasar/foto: Veronika Octavina

Denpasar - Guna memberikan kenyamanan saat pandemi Covid-19 para pengemudi ojek online (Ojol) tetap mematuhi protokol kesehatan.ketika bekerja ke luar rumah mengantarkan penumpang atau barang.

Pengemudi Ojol menjadi profesi yang banyak digeluti terlebih saat pandemi Covid19 ini, masyarakat banyak yang memanfaatkan jasa mereka untuk berbagai keperluan seperti pengantaran hingga pemesanan makanan atau barang.

Hartawan salah seorang pengemudi Ojol menjelaskan, dirinya tetap disiplin menerapkan 3M yakni menjaga jarak, cuci tangan, menggunakan masker. "Saat pemberian barang kepada customer atau pelanggan juga kami jaga jarak," ujarnya ditemui Kamis (8/10/2020).

Demikian n juga, saat pengantaran barang, Hartawan memilih menggantungkan pesanan pelanggan itu di pintu pagar atau pintu rumah. "Kami biasannya meletakkan terlebih dahulu barangnya, baru bisa diambil dengan customer," imbuhnya.

Ia menjelaskan, tiap hari sebelum dan sesudah bekerja, selalu membersihkan motor dengan sabun, supaya tetap terjaga kebersihannya dan meminimalisir penularan virus corona.

Hartawan mengakui, karena tak ada lagi selain menjadi pengemudi Ojol sebagai mata pencahariannya, maka di tengah pandemi baginya harus ketat menjaga protokol kesehatan saat keluar rumah maupun ketika pulang.

Salah seorang konsumen, Asih mengaku merasa lebih nyaman menggunakan jasa layanan Ojol saat pandemi, karena pengemudi menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Saya sering ke Rumah Sakit Sanglah, naik Ojol, merasa lebih nyaman, karena pengemudi mematuhi Prokes, katanya.

Selain dirinya memakai masker, juga pengemudi Ojol sangat mematuhi Prokes, jadi tidak ada kontak fisik selama menggunakan jasa Ojol, sehingga hal ini bisa mencegah penularan virus corona. (ver)

Bagikan Artikel

Rekomendasi