Cegah Covid-19, Mall di Yogyakarta Berlakukan Protokol Kesehatan Secara Ketat

Kamis, 15 Oktober 2020 : 05.59
Fasilitas wastafel untuk mencuci tangan disediakan bagi pengunjung mall/foto: Agus Nugroho Purwanto

Yogyakarta - Management Plaza Ambarrukmo dalam hal penerapan protokol kesehatan mencegah meluasnya covid-19 telah melakukan pembenahan dengan secara konsisten memberlakukan protokol kesehatan bagi karyawan dan pengunjung.

Penerapan Protokol Kesehatan diberlakukan yakni 3 M mencuci tangan dengan air mengalir, memakai masker pada saat masuk loby mall, pengecekan suhu tubuh secara otomatis, pengaturan jarak pada saat naik eskalator dan berjalan di ruangan mall.

Terlihat, tanda petunjuk dan gambar gambar himbauan untuk berjalan searah petunjuk dan rambu rambu petunjuk untuk melangkah pun diterapkan untuk pengunjung yang akan memasuki ke dalam area pusat perbelanjaan itu.

Kepala Security Bayu Prasetyo menyatakan, senantiasa menjalankan prosedur ini dengan ketat, meskipun terkadang harus memberikan sosialisasi ke rekan kerja atau kepada pengunjung mall.

"Suatu saat pernah terjadi kejadian, mengharuskan pihak management memanggil tim medis internal untuk mengecek kesehatan pengunjung yang suhu badannya 37,3°," ucap Bayu. ditemui Rabu 13 Oktober 2020.

Pada saat memasuki lobi maupun lewat basement, pengunjung wajib berjalan sesuai garis dan antrian pengecekan suhu tubuh, dan apabila suhu tubuh tinggi melebihi 37,3°, maka akan dipastikan ulang oleh tim medis internal apakah perlu dirujuk ke rumah sakit terdekat.

"Pastinya disampaikan dengan baik untuk kerahasiaan identitas pengunjung tersebut," imbuhnya.

Jika bagian mall, ada penerapan ketentuan, balita/bayi dilarang masuk mall/pusat perbelanjaan namun tidak bagi mall yang beralamat di Jalan Solo Yogyakarta itu.

Management tidak melarang batasan masuk usia pengunjung dan yang terpenting tetap menjalankan protokol kesehatan yaitu mencuci tangan pada saat masuk mall, memakai masker untuk masuk gedung mall, menjaga jarak setidaknya tiga langkah untuk jarak antar pengunjung.

Fasilitas bagi pengunjung disediakan seperti menyediakan masker secara cuma cuma sesuai standart kesehatan, untuk anak anak jika masuk ke dalam gedung mall, yang tidak menggunakan masker.

Bayu menjelaskan, mesin auto termal di gedung sudah tersedia 4 unit untuk pengecekan di semua pintu masuk mall. Dikatakan, saat akhir pekan, ditambah personel yang bertugas agar pengawasan dan panduan protokol kesehatan dapat maksimal.

Disampaikan juga, selain penggunaan masker,dan protokol kesehatan covid19, pihak management juga menaikan intensitas pembersihan ruangan setiap beberapa jam sekali. Langkah ini, berfungsi untuk antisipasi perlindungan terhadap virus yang memungkinkan menempel dan berada di sekitar ruangan.

Area parkir juga menjalankan protokol kesehatan, yaitu memakai sensor sebagai pengganti tombol tiket, pengunjung hanya perlu melambaikan tangan pada saat memasuki area parkir untuk mendapatkan tiket parkir, hal ini meminimalisir tangan pengunjung menyentuh tombol tiket.

Bagi pengunjung mall dapat mempersiapkan diri, menggunakan masker jika ingin berbelanja dan dapat membawa serta buah hatinya masuk kedalam mall dengan prosedur standar dari Satgas Penanganan Covid-19, menggunakan masker, muncuci tangan dan menjaga jarak. (anp)

Bagikan Artikel

Rekomendasi