Bupati Suwirta Minta Perbekel Turunkan Harga Diri dalam Melayani Masyarakat

Rabu, 07 Oktober 2020 : 09.46
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat melantik 22 perbekel atau kepala desa /ist

Semarapura - 22 perbekel atau kepala desa baru yang dilantik agar dalam melayani masyarakat harus dapat menurunkan harga diri dan selama bertugas memberikan yang terbaik.

Pesan itu disampaikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta dan Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menghadiri acara Pelantikan dan Pengucapan Sumpah Calon Perbekel Terpilih Masa jabatan Tahun 2020-2026 Di Kabupaten Klungkung yang digelar di TOSS Center Karangdadi Desa Kusamba pada Selasa (6/10/2020).

Ia menambahkan para Perbekel harus dapat menjaga penampilan, mempunyai kemampuan public speaking yang bagus, memiliki komitmen yang stabil, ketika memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Harus dapat menurunkan harga diri biarkan orang lain yang menaikan harga diri tersebut dan selama bertugas berikan yang terbaik tetapi tidak harus menjadi yang terbaik," pesannya.

Suwirta menyampaikan materi berjudul menuju Desa Maju dan Mandiri, dengan harapan melalui materi yang disampaikan dapat digunakan sebagai motivasi dalam melaksanakan tugas di Desa dengan baik.

“Semua orang mempunyai kemampuan dan potensi, hanya tidak semua orang memiliki kesempatan dan ruang, jadi kepada Para Perbekel mari pergunakan ruang yang ada untuk menggali potensi dan kemampuan Di Desa masing-masing,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta menambahkan para Perbekel harus dapat menjaga penampilan, mempunyai kemampuan public speaking yang bagus, memiliki komitmen yang stabil, ketika memberikan pelayanan kepada masyarakat harus dapat menurunkan harga diri biarkan orang lain yang menaikan harga diri tersebut dan selama bertugas berikan yang terbaik tetapi tidak harus menjadi yang terbaik.

Jangan ragu untuk terus belajar dalam melaksanakan pekerjaan, dapat menjadi panutan bagi masyarakatnya, dan jangan lupa dukungan keluarga dalam melaksanakan pekerjaan.

Bupati Suwirta mengingatkan agar semua Perbekel di Kabupaten Klungkung dapat menginventarisir permasalahan dan potensi desa dan meminta agar beberapa regulasi yang ada seperti Pergub dan Perbup agar dapat dilaksanakan dengan baik.

Terkait pengelolaan sampah, Bupati Suwirta meminta kepada Semua Desa Di Kabupaten Klungkung agar pada tahun 2021 sudah dapat mengolah sampah pada sumbernya di Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) di desanya.

Para Perbekel dan Perangkat Desa dapat berkonsultasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan mengenai cara mengelola sampah dari sumbernya dan mengharapkan agar erangkat desa dapat menyediakan tempat untuk pembangunan TOSS tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Pengendalian Penduduk Klungkung, I Wayan Suteja menyatakan bahwa Jumlah perbekel yang dilantik berjumlah 22 orang, dan setiap Perbekel yang baru hanya diperbolehkan membawa Tiga Orang pendamping dalam menyaksikan acara pelantikan tersebut.

Hal ini dilakukan terkait penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 selama pandemi.

Suteja menyatakan selama acara pelantikan berlangsung, Perbekel se-Kabupaten Klungkung beserta perangkat Desa dan instansi terkait dapat menyaksikan acara ini dengan menggunakan aplikasi video conference. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi