Bela Negara Bentuk Karakter Tolong Menolong dan Toleransi di Masyarakat

Minggu, 04 Oktober 2020 : 06.29
penyuluhan dan sosialisasi bela negara dengan tema "Kemampuan Tentang Bela Negara", di Bale Banjar Tohpati, Desa Kesiman Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur/ist

Denpasar - Penanaman nilai dan semangat bela negara diharapkan dapat membentuk karakter generasi muda dan masyarakat untuk saling menolong dan toleransi serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Diharapkan melalui kegiatan penyululuhan ini dapat membentuk karakter generasi muda maupun warga masyarakat yang lebih baik dan menumbuhkan sikap rela berkorban, tolong menolong, toleransi, nasionalisme dan cinta NKRI.

Hal itu terungkap dalam penyuluhan dan sosialisasi bela negara dengan tema "Kemampuan Tentang Bela Negara", kepada warga di lokasi pelaksanaan TMMD.

Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-109 Tahun Anggaran 2020 Kodim 1611/Badung juga melaksanakan kegiatan non fisik dengan memberikan penyuluhan dan sosialisasi bela negara dengan tema "Kemampuan Tentang Bela Negara", di Bale Banjar Tohpati, Desa Kesiman Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Sabtu (03/10/2020) malam.

Penyuluhan dan sosialisasi bela negara ini merupakan rangkaian program kegiatan non fisik dengan metode sosialisasi atau penyuluhan yang dilaksanakan sesuai jadwal dari TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 109 Kodim 1611/Badung dan sebagai pemberi materi atau narasumber adalah Danramil 1611-06/Petang Kapten Inf I Wayan Suara.

Sebelum acara sosalisasi dimulai Kepala Dusun Banjar Topati I Komang Nada memberikan sambutan dan mengatakan kegiatan TMMD Ke 109 Kodim 1611/Badung ini sudah berjalan kurang lebih selama hampir dua minggu yang dikerjakan dengan dua kegiatan diantaranya kegiatan fisik dan non fisik.

Perbekel Desa Kesiman I Made Susena, menyampaikan TNI Manunggal Membangun Desa dulunya dikenal dengan nama ABRI masuk Desa atau AMD, saat ini disebut TMMD.

"Kami sangat mendukung dan mensuport TNI yang sudah luar biasa meluangkan waktunya untuk membantu warga baik dalam pengerjaan sasaran fisik maupun non fisik", sebutnya.

Apa yang sudah dilaksanakan Satgas TMMD Ke 109 Kodim 1611/Badung manfaatnya dirasakan, baik dari hasil pembangunan fisik maupun apa yang dibekalkan melalui materi sasaran non fisik.

Danramil 1611-06/Petang Kapten Inf I Wayan Suara menyampaikan, bela negara merupakan cara memandang dan kemampuan untuk memahami keberadaan jati dirinya sebagai Bangsa Indonesia.

"Bela negara menempatkan persatuan, kesatuan serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan," jelas Suara.

Peran warga negara dalam pertahanan serta menjaga keselamatan bangsa dapat dilakukan dengan meyakini Pancasila sebagai Ideologi negara, memiliki kemampuan awal bela negara, cinta tanah air dan NKRI sebagi harga mati.

Diharapkan melalui kegiatan penyululuhan ini dapat membentuk karakter generasi muda maupun warga masyarakat yang lebih baik dan menumbuhkan sikap rela berkorban, tolong menolong, toleransi, nasionalisme dan cinta NKRI.

Sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi