"Bakti Pemuda, Setetes Darah untuk Negeri", Aksi Sosial Bold Riders Donor di Mabar

Senin, 26 Oktober 2020 : 18.34

Ruteng - Mengusung tema ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah untuk Negeri’. belasan anak motor dari komunitas Komodo Rider Community (KRC) antusias mengikuti donor darah yang bertempat di kantor Bupati Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), NTT.

Klub motor yang tergabung dalam Bold Riders Labuan Bajo ini mendonorkan darahnya, Sabtu 24 Oktober 2020.

Koordinator Bold Riders Labuan Bajo, Yohanes Purnama Yadi mengatakan ada belasan anggota KRC mengikuti kegiatan donor darah yang mengambil tema ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah untuk Negeri’.

Anak-anak motor binaan Bold Riders Labuan Bajo ini sangat antusias mengikuti donor darah. Padahal mereka sebagian besar baru pertama kalinya menjadi pendonor.

“Alasan utama kami dari anak-anak Bold Riders mengikuti donor darah adalah kemanusiaan. Saat pandemi ini darah sangat diperlukan sementara stoknya berkurang. Itulah yang membuat teman-teman sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini,” kata Yohanes.

Pihaknya berterima kasih kepada PMI, RSUD Komodo Labuan Bajo, dan Pemkab Manggarai Barat (Mabar), NTT yang sangat mendukung kegiatan sosial ini dan telah menyediakan tempat untuk berdonor.

Harapannya kolaborasi positif ini bisa terus dilakukan bersama pemerintah daerah setempat serta PMI.

“Kami ingin menghilangkan kesan negatif anak motor. Kami ingin menunjukkan anak motor itu sangat peduli terhadap kemanusiaan. Setetes darah kita ternyata sangat berarti bagi kehidupan," jelasnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.

Diiinisiasi PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna.

Komunitas yang terlibat program donor darah "Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri" ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program "Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi" pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5.000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi