Aksi Kemanusiaan Komunitas Bold Riders di Hari Sumpah Pemuda

Jumat, 30 Oktober 2020 : 00.00
Usai ke Panti Jompo, Kolaborasi Bold Riders dan Suporter Singaraja Gelar Donor Darah*

Singaraja - Momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kabupaten Buleleng disi dengan kolaborasi komunitas motor Bold Riders, Suka Duka, dan SuperSoccer di Singaraja, Bali dengan aksi kemanusiaan dengan menggelar acara donor darah.

Sehari sebelumnya, gabungan komunitas ini menyambangi panti jompo untuk kegiatan bakti sosial. Koordinator acara Alfa Santoso mengatakan kegiatan bertajuk "Bakti Pemuda Setetes Darah Untuk Negeri" ini berlangsung Minggu di markas PMI Buleleng, Minggu (25/10/2020).

Komunitas yang terlibat dalam kegiatan sosial tersebut adalah Suka Duka Satya Kedungu, kemudian komunitas motor YACI Buleleng, dan XODA Singaraja, serta komunitas suporter Bali United yakni Semeton Dewata Bulldog.

“Ada puluhan peserta yang mendaftar untuk kegiatan donor darah ini. Luar biasa antusias teman-teman untuk terlibat dalam kegiatan sosial yang juga memecahkan rekor MURI ini,” kata Alfa, Senin (26/10/2020).

Sebelum donor darah kata Alfa, kolaborasi komunitas di Singaraja yakni komunitas motor YACI dan XODA ini mendatangi Panti Jompo Jara Mara Pati yang terletak di Desa Kaliasem, Kecamatan Banjar, Buleleng.

Di lokasi ini, selain memberikan paket sembako, mereka juga menjenguk dan bersilaturahmi dengan para penghuni panti.

“Komunitas Suka Duka Satya Kedungu juga melakukan kegiatan baksos ke desa Banyuning Timur dengan memberikan paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan,” ungkapnya.

Donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna.

Komunitas terlibat program donor darah "Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri" ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program "Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi" pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5.000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar.

Selama kegiatan donor darah maupun baksos di Singaraja, protokol pencegahan penularan COVID-19 juga diberlakukan, seperti menggunakan masker, serta melengkapi diri dengan hand sanitizer serta menjaga jarak interaksi.

“Bagi peserta donor darah kami juga menyediakan doorprize kebutuhan rumah tangga, seperti magicom, setrika, kipas agin, dan lainnya,” tutupnya. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi