Semeton PCX Gianyar Ikuti Edukasi Berkendara Aman dan Menjadi Biker Baik

Rabu, 30 September 2020 : 22.51
Mengusung tema menjadi bikers baik, sebanyak 30 peserta yang merupakan anggota dari komunitas Semeton PCX Gianyar mengikuti kegitaan digelar pada awal bulan September lalu secara virtual/ist.

Denpasar – Dengan kondisi yang masih menerapkan protokol kesehatan salah satunya jaga jarak, Astra Motor Bali melalui divisi safety riding menggelar edukasi secara virtual melalui Webinar.

Ajang itu sebagai bentuk komitmen Astra Motor Bali untuk konsisten melakukan kampanye #Cari_Aman yang terus dilakukan dengan berbagai cara.

Mengusung tema menjadi bikers baik, sebanyak 30 peserta yang merupakan anggota dari komunitas Semeton PCX Gianyar mengikuti kegitaan digelar pada awal bulan September lalu secara virtual.

Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi mengatakan Banyak sekali hal-hal yang dapat terjadi saat berkendara di jalan raya, mulai dari yang aman hingga berpotensi menimbulkan bahaya bagi bikers.

Untuk itu ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat berkendara. Selain memastikan kondisi tubuh sehat secara jasmani dan rohani, lakukan juga pemeriksaan kendaraan secara berkala, serta pemanasan sebelum berkendara.

Menjadi bikers yang baik wajib untuk mengetahui dan melakukan hal-hal yang sangat penting untuk menjaga keamanan, kenyamanan, sekaligus kesehatan.

"Selalu #Cari_Aman dan kalo naik motor perlengkapan berkendara harus dipakai Agar berkendara tetap aman dan nyaman Tubuh kita butuh perlindungan dari efek benturan, benda asing, cuaca, atau bahkan virus dan penyakit yang mengintai, untuk itu selalu menggunakan masker,helm,jaket,” ungkap Iswahyudi.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Astra Motor Bali yang telah memberikan materi walaupun dengan online, kegiatan ini sebagai bentuk refreshment bagi kami para bikers, untuk tetap ingan #Cari_Aman saat berkendara di jalan raya,” ungkap Putu Agus Jatawan salah satu peserta.

Dalam materi webinar yang berlangsung selama kurang lebih 1 jam ini pembahasan mengenai apa saja perlengkapan berkendara yang perlu menjadi perhatian diantaranya:

1. Helm

Pastikan helm berlabel SNI, Helm berfungsi melindung kepala dan otak kita dari dampak negatif benturan dengan jalan, benda asing, juga polusi udara. Contohnya, asap knalpot kendaraan lain yang tidak langsung terpapar ke mata saat menggunakan kaca helm dengan baik.

2. Jaket

Jaket berfungsi melindungi tubuh dari terpaan angin, kontak langsung dengan jalan, benda asing, serta paparan langsung cuaca atau polusi. Jaket yang baik pun ada kriterianya, yakni berlengan panjang, berwarna cerah yang membuat pengendara mudah teridentifikasi oleh pengendara lain.

3. Sarung Tangan

Menggunakan sarung tangan mencegah kontak langsung dengan jalan atau terpapar cuaca dan polusi udara. Sarung tangan yang baik harus melindungi seluruh tangan dan jari, berukuran pas, sehingga nyaman saat digunakan dan tidak mengganggu proses pengendalian sepeda motor.

4. Celana Panjang

Celana panjang melindungi tubuh bagian bawah dari kontak langsung dengan jalan, benda asing, serta paparan cuaca dan polusi. Spesifikasi yang dianjurkan adalah berukuran pas, berbahan nyaman dan sesuai kondisi cuaca.

5. Sepatu

Gunakan sepatu saat berkendara dan yang menutupi mata kaki untuk mencegah kaki berkontak langsung dengan jalan, benda asing atau terpapar langsung oleh panas mesin, cuaca dan polusi.

Penting untuk menggunakan sepatu berukuran pas untuk memaksimalkan pengendalian terhadap rem belakang, pedal perseneling (model sport dan cub), juga saat menurunkan kaki bila kendaraan berhenti.

Pada bagian akhir, Iswahyudi mengajak agar menjadi bikers yang bijak dengan mengedepankan safety riding dan selalu menggunakan perlengkapan berkendara selain sebagai perlindungan dan juga dapat tetap lebih stylis. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi