Proyek Infrastruktur Bernilai Triliunan Rupiah di Bali Dikebut Saat Pandemi

Minggu, 06 September 2020 : 00.00
Gubernur Bali I Wayan Koster didampingi Wagub Cok Ace/ist

Denpasar - Sejumlah proyek infrastruktur bernilai triliunan rupiah di Bali terus dikebut pembangunannanya meskipun saat Pulau Dewata turut dilanda pandemi Covid-19.

Gubernur Bali I Wayan Koster mengungkapkan, saat menyampaikan laporan pencapaian kinerja yang telah dilakukan kepada seluruh masyartakat Bali yang berlangsung di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya, Denpasar dan disiarkan secara daring/online Sabtu (5/9/2020).

Disampaikan pula pencapaian baru untuk memenuhi impian dan harapan krama Bali dalam program pembangunan infrastruktur.

"Pertama, pembangunan shortcut ruas jalan Singaraja – Mengwitani titik 3, 4, 5, dan 6, yang akan dilanjutkan pada titik 7, 8, 9, dan 10. Pembebasan lahan bersumber dari APBD Semesta Berencana Provinsi Bali sebesar Rp. 193,5 miliar," sebut Koster.

Sedangkan pembangunan konstruksi jalan bersumber dari APBN Kementerian PUPR sebesar Rp968 miliar. Kedua, telah dimulai pembangunan pelabuhan segitiga Sanur, Nusa Penida, dan Nusa Ceningan yang akan selesai pada tahun 2021.

"Pembangunan menggunakan dana dari APBN Kementerian Perhubungan dengan Pagu Anggaran Rp450 miliar," ungkapnya. Ketiga, telah dimulai tahapan pelaksanakan Program Pelindungan Kawasan Suci Besakih, yang meliputi pembangunan gedung parkir dan penataan kawasan Bencingah.

Pembangunan dengan total anggaran Rp900 miliar ini bersumber dari APBD Semesta Berencana Provinsi Bali sebesar Rp400 miliar dan APBN Kementerian PUPR Rp500 miliar.

Keempat, telah mulai tahapan pelaksanaan pembangunan kawasan Pusat Kebudayaan Bali di Kabupaten Klungkung. Tahun 2020 ini dimulai program normalisasi Tukad Unda, pembebasan lahan, dan penyusunan desain.

Kemudian, lanjut Koster, sumber pendanaan dari APBD Semesta Berencana Provinsi Bali, dan APBN Kementerian PUPR.

Dan Kelima Telah mulai pelaksanaan pengembangan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, sebagai tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 Tahun 2021. Sumber pendanaan dari APBN Kementerian PUPR.

Melihat dari capaian tersebut, menurutnya patut disyukuri bahwa di tengah- tengah masa pandemi COVID-19, pembangunan infrastruktur yang membutuhkan dana besar dari APBN dan APBD Semesta Berencana Provinsi Bali tetap dapat dilaksanakan sesuai rencana.

Hal ini terwujud berkat perhatian dan dukungan kuat Presiden Ir. Joko Widodo beserta jajaran Kabinet Indonesia Maju. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi