Pilkada Tabanan 2020, Pasangan Jaya-Wira Nomor Satu Padi Nomor Dua

Kamis, 24 September 2020 : 22.54
Pasangan calon Jaya-Wira (kiri) memperoleh nomor urut satu dan pasangan calon PADI (Kanan) memperoleh nomor urut dua

TABANAN - Sesuai prediksi dan harapan, pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan yang diusung PDIP Komang Gede Sanjaya dan Made Edi Wirawan (Jaya-Wira) yang diusung dalam Pilkada Tabanan 2020 akhirnya mendapat undian nomor urut satu sedangkan pasangan AA. Ngurah P) anji Astika dan Dewa Nyoman Budiasa (PADI) yang diusung Partai Golkar, Nasdem dan Demokrat memperoleh nomor urut dua.

Hasil undian nomor urut kedua Pasangan calon dalam Pilkada Tabanan 2020 tersebut, kemudian ditetapkan oleh KPU Tabanan dalam Rapat Pleno terbuka yang digelar di Ruang Rapat KPU Tabanan, Kamis (24/9/2020).

Pengundian diawali dengan pengambilan nomor urut untuk mencabut nomor pasangan calon kedua pasangan calon Wakil Bupati Tabanan. Hasilnya Made Edi Wiurawan memperoleh undian nomor urut satu.

Sedangkan Dewa Nyoman Budiasa nomor urut dua. Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan nomor pasangan calon sesuai nomor urut yang telah dicabut oleh para calon Bupati.

Hasilnya, pasangan Komang Gde Sanjaya-I Made Edi Wirawan (Jaya-Wira) mendapat nomot urut satu dan pasangan A.A Ngurah Panji Astika-Dewa Nyoman Budiasa (PADI) mendapat nomor urut dua.

Pengambilan nomor urut dilakukan di hadapan Ketua dan Komisioner KPU Tabanan, Bawaslu serta perwakilan partai pengusung kedua calon dan istri masing-masing calon.

"Kami menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan sesuai aturan yang ada. Jumlah yang hadir dalam Penguindian nomor urut dan Rapat Pleno kurang dari 20 orang," ujar Ketua KPU Tabanan I Gede Putu Weda Subawa di depan kantir KPU Tabanan seusai Rapat Pleno.

Menurut Ketua KPU Tabanan, pengundian nomor urut yang baru saja dilakukan merupkan tahapan akhir dari pencalonan. Dengan adanya nomor urut calon, maka alat peraga kampanye berupa baliho yang sebelumnya telah terpasang dapat ditertibkan oleh masing-masing paslon.

“Kami berharap APK yang telah terpasang segera ditertibkan sebelum kami melakukan penertiban sebelum tanggal 26 September 2020, KPU dan Bawaslu akan melakukan pembersihan APK setelah dilakukan deklarasi damai. Kami mengharapkan agar para Paslon membuka sendiri APKnya agar dapat dimanfaatkan kembali,” ujarnya.

Terkait telah ditetapkannya nomor urut paslon tersebut, Calon Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya kepada wartawan mengemukakan bila nomor urut satu yang diperoleh pasangan Jaya-Wira dalam undian tersebut sesuai dengan harapan dan prediksi.

"Nomor undian nomor satu sesuai dengan harapan kami yang mengusung tagline Tabanan Bersatu. Sekarang sudah ada kepastian, jangan lupa untuk memilih nomor satu," ujar Sanjaya.

Hal senada diungkapkan Calon Bupati Tabanan dari pasangan PADI, AA Ngurah Panji saat dicegat wartawan di depan kantor KPU Tabanan. Menurutnya perolehan undian nomor urut dua sesuai dengan harapan dan prediksi sebelumnya.

"Diperolehnya nomor urut dua mudah-mudahan saya dari keluarga Puri akan terpilih menjadi Bupati Tabanan kedua dari keluarga Puri karena sebelumnya sudah ada keluarga puri yang pertama menjadi Bupati Tabanan," ujar Panji Astika.

Sementara itu Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy Panca Sakti Siregar kepada wartawan yang mencegatnya di depan gerbang KPU Tabanan mengungkapkan untuk pengamanan pemilihan nomor urut paslon dan rapat pleno KPU Tabanan ini, pihaknya mengerahkan 129 personil yang melakukan pengamanan secara terbuka dan tertutup. (gus)

Bagikan Artikel

Rekomendasi