Pelepasan Burung Merpati Awali Pembukaan Kampanye di Tabanan

Sabtu, 26 September 2020 : 19.06
Kedua pasangan calon Nomor urut satu Jaya-Wira dan nomor urut dua Panji-Budi (PADI) dalam pilkada Tabanan 2020 bersama-sama melepaskan burung merpati sebagai tanda diawalinya masa kampanye

TABANAN - Pembukaan Kampanye Pilkada Tabanan 2020 ditandai dengan penandatanganan pakta integritas dan deklarasi kampanye damai serta pelepasan burung merpati oleh kedua pasangan calon (Paslon) nomor urut satu Komang Gede Sanjaya-Made Edi Wirawan (Jaya-Wira) dan paslon nomor urut dua AA Ngurah Panji Astika dan Dewa Nyoman Budiasa (PADI) di halaman kantorKPU Tabanan, Sabtu (26/9/2020) sore.

Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa dalam sambutannya mengatakan sesuai dengan tahapan Pilkada 2020, kampanye dimulai hari ini tanggal 26 September sampai dengan tanggal 5 Desember nanti hendaklah selalu menerapkan protokol kesehatan dan menghindari pertemuan dengan melibatkan kerumunan massa.

Metode kampanye bisa sepenuhnya diarahkan dalam bentuk media daring.

"Bila media daring tidak bisa sepenuhnya dan pertemuan tatap muka mesti dilakukan, tetaplah menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan membatasi jumlah massa yang hadir tidak melebihi 50 orang," paparnya.

Disebutkan, sesuai PKPU 13 tahun 2020 khusunya pasal 88C menyebutkan kegiatan rapat umum, pentas seni, konser musik, jalan santai peringatan hut pantai yang dijadikan momen kamnpanye yang melibatkan massa terlalu banyak semuanya sudah dilarang dan diarahkan menjadi kampanye dalam bentuk daring.

"Hal ini semata-mata menghinbdari dan memotong penyebaran covid-19," tegasnya.

Ketua KPU Tabanan  berharap agar para kandidat berkompetisi secara sehat dalam upaya memenangkan pilihan masyarakat Tabanan serta mematuhi protokol kesehatan covid 19 sesuai dengan peraturan yang ada.

“Pesan kami sebagai penyelenggara, silahkan para kandidat bersaing secara sehat menawarkan program kerja namun dengan tetap mematuhi protokol kesehatan di musim pandemi covid 19 saat ini, siapa pun yang terpilih nantinya adalah bupati dan wakil bupatinya masyarakat Tabanan,” harapnya.

Bakal Calon Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya dari Pasangan Calon (Paslon) Nomor urut satu Jaya-Wira dalam statemennya seusai penandatanganan pakta integritas mengemukakan kesanggupannya untuk mematuhi semua aturan pemerintah dan KPU.

"Kami dari paslon Jaya-Wira dengan nomor urut satu memastikan kami akan mematuhi aturan dari pemerintah, KPU serta protokol kesehatan dalam pelaksanaan Pilkada 2020 ini dengan baik," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan AA Ngurah Panbj Astika dari Paslon nomor urut dua Panji-Budi (Padi) yang siap mematuhi segala peraturan  peraturan dan prosedur kesehatan covid-19.

Adapun Pakta integritas yang ditandatangani kedua paslon menyatakan :

1) Mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian covid 19 pada setiap tahapan pemilihan sebagaimana diatur dalam PKPU nomor 6 tahun 2020 sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan PKPU nomor 13 tahun 2020 dan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh instansi yang berwenang.

2). Mengutamakan kesehatan dan keselamatan para pihak dan pemangku kepentingan dalam pelaksanaan seluruh tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan tahun 2020 dan

3). Menerima sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku, apabila melanggaran peraturan mengenai protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian covid 19.

Selain menandatangani pakta integritas, pada kesempatan tersebut kedua paslon juga menandatangani  Baliho Deklarasi Kesepakatan Damai Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Tahun 2020 yang diketahui oleh Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Bupati Tabanan, Kapolres Tabanan dan Dandim 1619/Tabanan.

Deklarasi kampanye damai yang ditandatangani pasangan calon berbunyi :

1). Siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

2). Siap mengamankan dan melaksanakan tahapan pilkada Kabupaten Tabanan tahun 2020 yang sejuk, aman dan damai untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat.

Poin berikutnya;

3). Siap melaksanakan kampanye pilkada kabupaten tabanan tahun 2020 tanpa hoax, politik sara dan politik uang.

4). Tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.

5). Siap melaksanakan instruksi presiden Nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian covid -19.

Pembukaan Kampanye Pilkada Tabanan 2020 dihadiri Komisioner KPU Bali korwil Tabanan, Anak Agung Raka Nakula, Ketua Bawaslu Tabanan, Bupati Tabanan yang diwakili Sekda Tabanan, Kapolres Tabanan, Dandim 1619/Tabanan dan tim kampanye kedua paslon. (gus)

Bagikan Artikel

Rekomendasi