Pandemi Covid-19 Terus Meningkat, Utamakan Kesehatan Daripada Ekonomi

Minggu, 13 September 2020 : 14.52
ilustrasi/youtube.com

Jakarta - Semakin meningkatnya angka penyebaran virus Covid-19 di Tanah Air maka pilihan langkah paling tepat bagi pemerintah adalah lebih mengutamakan penanganan kesehatan daripada masalah ekonomi.

Dengan berbagai perkembangan kasus yang semakin meningkat dan ditambah oleh adanya Orang Tanpa Gejala (OTG) yang menjadi korban, maka pandemi covid 19 harus dijadikan penyelesaian bersama seluruh kompinen bangsa. 

"Untuk itu, kami menyarankan agar Pemerintah (Presiden) dan para ulama (agamawan) harus duduk bersama dalam mengambil  keputusan yang tepat sebagai jalan utama menghadapi musibah pandemi covid 19 ini (termasuk para ulama yang selama ini berbeda pandangan)," ujar Ekonom Konstitusi Defiyan Cori dalam keterangannya Minggu (13/9/2020). 

Selain itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) harus bermusyawarah dengan berbagai kelompok organisasi masyarakat Islam, para ustadz yang menjadi penceramah untuk membahas konteks agama dalam hal nasib dan takdir. 

Sebab, masyarakat kini sudah pada tahap acuh tak acuh bahkan tak peduli sama sekali atas penyebaran Covid 19 ini. Ditambah lagi, sebagian besar para menteri pembantu Presiden Jokowi yang memiliki pandangan berbeda dan lebih mengutamakan jalannya perekonomian.

Menurutnya, jika masih berpolemik terus soal kebijakan dan penanganan pengendalian masyarakat yang tak taat aturan, maka ummat Islam yang terbesar lah yang akan kena dampak seleksi alamiah jika pilihan tidak ada PSBB total yang ditentang tersebut

"Last but not least, Lebih utama sehat-nya masyarakat daripada bergeraknya kegiatan ekonomi tapi dengan bahaya yang mengancam dengan mengeluarkan dana besar dan korban tenaga kesehatan (medis) lebih besar," demikian Defiyan. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi