Masyarakat Dapat Manfaatkan TPS3R di Desa Tusan untuk Kompos

Selasa, 08 September 2020 : 19.44
Bupati Suwirta menyampaikan itu, saat mengadakan peninjauan pembangunan infrastruktur di Desa Tusan Klungkung/ist.

Semarapura - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meminta masyarakat untuk memanfaatkan keberadaan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R) sebagai tempat pembuatan kompos atau pupuk selain untuk pengolahan sampah.

Suwirta menyampaikan itu, saat mengadakan peninjauan pembangunan infrastruktur di Desa Tusan Klungkung pada Selasa (8/9/2020).

TPS3R dibangun di Desa Tusan dengan luas Bangunan 8 are didirikan dengan menggunakan APBN dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Dana Desa, pengerjaannya dilaksanakan dalam jangka waktu 104 hari kalender dan sebagai pelaksana yakni KSM TPS 3R “TREPTI BHUANA SANTHI”.

Suwirta mengharapkan, dibangunnya TPS3R di Desa Tusan, dapat menangani permasalahan sampah di Desa Tusan dan sekitarnya serta dapat membantu menjadikan Kecamatan Banjarangkan menjadi bersih dari sampah.

Masyarakat ke depannya dapat memanfaatkan bangunan TPS3R sebagai tempat untuk membuat kompos/pupuk bagi tanaman selain sebagai tempat mengolah sampah.

"Mari masyarakat Klungkung kita bersama-sama menggelorakan arti pentingnya kebersihan dan kesehatan,” ajaknya.

Turut mendampingi Fasilitator Provinsi Bali Untuk Program TPS3R Dewa Alit Setiarsa, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Klungkung, Anak Agung Kirana, Camat Banjarangkan Gusti Ngurah Agung Mahajaya,dan perangkat Desa Tusan. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi