Kawasan Mangrove Nusa Ceningan Disiapkan Bagi Budidaya Udang, Kepiting dan Kerapu

Kamis, 17 September 2020 : 18.13
Bupati Klungkung Nyoman Suwirta didampingi Perbekel Desa Lembongan I Ketut Gede Arjaya bersama Kelompok Tani Bakung Sari meninjau lokasi mangrove di kawasan Ceningan Kangin/ist

Semarapura - Kawasan hutan mangrove di Pulau Nusa Ceningan Kabupaten Klungkung bakal dipersiapkan sebagai tempat budidiya udang kepiting dan kerapu.

Terkait hal itu, Bupati Klungkung Nyoman Suwirta didampingi Perbekel Desa Lembongan I Ketut Gede Arjaya bersama Kelompok Tani Bakung Sari meninjau lokasi mangrove yang terdapat di kawasan Ceningan Kangin Rabu (16/9/2020).

Bupati Suwirta menyampaikan, dahulu kawasan mangrove di sebelah timur Pulau Ceningan adalah tempat tambak ikan bandeng, namun sekarang sudah tidak aktif lagi.

Suwirta yang mengetahui bahwa selama ini udang, kerapu, dan Kepiting yang diolah menjadi seafood berasal dari wilayah Bali daratan.

"Saya akan memanfaatkan kembali kawasan mangrove tersebut untuk budidaya udang, kepiting, kerapu yang nanti dapat digunakan dalam memenuhi kebutuhan seafood bagi wisatawan yang berkunjung ke Nusa Penida bahkan dikirim ke kawasan restoran dan rumah makan di Bali Daratan," ujarnya.

Selain untuk kebutuhan seafood bagi wisatawan, juga sebagai konsumsi masyarakat, dan harganya pun terjangkau, serta dagingnya yang masih fresh, tambak tersebut juga nantinya dapat digunakan sebagai objek wisata edukasi.

Mengingat kawasan yang akan dipakai merupakan kawasan Mangrove dengan luas kurang lebih 3 sampai 4 hektar, kedepannya Pemkab akan melakukan konsultasi dengan para ahli untuk mewujudkan keinginan tersebut.

"Saya sudah bertemu dengan Menteri Kelautan, dan beliau mensupport ide tersebut dan pemkab Klungkung sendiri sudah mulai melakukan perencanaan", imbuhnya. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi