Bupati Mas Sumatri Serahkan 10 Ventilator untuk RSUD dan RS Bali Med

Senin, 28 September 2020 : 12.30

Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri menyerahkan bantuan tiga unit Ventilator untuk RSUD Karangasem dan RS Bali Med/ist.
Amlapura - Dalam upaya mengendalikan Pandemi Covid-19, utamanya upaya kuratif yakni tindakan medis bagi pasien yang terkonfirmasi, Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri menyerahkan bantuan tiga unit Ventilator untuk RSUD Karangasem dan RS Bali Med. 

Pada masa pandemi, bantuan ventilator tersebut sangat dibutuhkan dalam penanganan pasien terkonfirmasi Covid-19, khususnya mereka yang mengalami sesak nafas dan membutuhkan alat bantu pernafasan.

Direktur RSUD Karangasem, dr. I Wayan Suardana, menerima bantuan sedangkan di RSUD Karangasem diserahkan sebanyak dua unit ventilator, sedangkan untuk di RS Bali Med diserahkan sebanyak satu unit dengan satus pinjam pakai. 

Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri, menyampaikan, bantuan ventilator yang diserahkan belum lama ini, merupakan hasil perjuangannya melobi ke pusat yakni ke BNPB.

“Karangasem sangat membutuhkan alat ventilator ini untuk tindakan kuratif terhadap pasien terkonfirmasi dengan kondisi tertentu. Makanya saat itu saya langsung berjuang ke Jakarta bertemu dengan Pak Doni Monardo, Kepala BNPB. Dan saat itu permohonan kita langsung direspon,” ungkap Mas Sumatri, Senin 28 Septmber 2020.

Pemkab Karangasem diberikan 10 unit ventilator dan perlengkapan pengendalian Covid-19 lainnya. Untuk tahap pertama Karangasem diberikan bantuan tiga ventilator, sementara tujuh lainnya menyusul. 

“Atungkare kita diberikan bantuan 10 unit ventilator, baru datang tiga unit sisanya lagi tujuh unit menyusul. Semoga dengan bantuan ventilator ini bisa mengoptimalkan penanganan pasien terkonfirmasi yang tengah dirawat di RSUD Karangasem maupun di RS Bali Med,” ucapnya

Pihaknya juga sudah mengajukan permohonan sejumlah alat untuk pengendalian dan penanganan Covid-19 ke BNPB pusat. Sementara itu, Direktur RSUD Karangasem, dr. I Wayan Suardana menyampaikan saat ini pihaknya tengah menyiapkan ruangan tambahan untuk ruang isolasi pasien terkonfirmasi.

Sebanyak 10 unit ruangan, sudah disiapkan dan saat ini kita membutuhkan sebanyak 10 unit ventilator. Sekarang sudah mendapatkan bantuan dua unit, artinya kita masih kekurangan delapan unit ventilator,” sebutnya. 

Khusus untuk penanganan pasien Covid-19 khususnya yang terkonfirmasi pihaknya telah menerapkan standar atau SOP penanganan sesuai yang ditentukan. (nik)

Bagikan Artikel

Rekomendasi