Antisipasi Lonjakan Kasus, Pemkot Yogyakarta Jadikan Rusunawa RS Darurat Covid-19

Rabu, 16 September 2020 : 17.23
Rusunawa di Desa Bener, Tegalrejo yang akan dijadikan rumah sakit darurat untuk penanganan pasien Covid-19/Agus Nugroho Purwanto

Yogyakarta - Mengantisipasi lonjakan kasus virus corona Covid -19 Pemerintah Kota Yogyakarta telah menyiapkan Shelter Rusunawa sebagai rumah sakit darurat untuk penanganan pasien Covid-19.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyudi, selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid19 dan Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi yang juga Ketua Harian Gugus Tugas penanganan Covid-19 terus mempersiapkan diri dalam menghadapi lonjakan kasus Covid-19.

Untuk itu, langkah koordinasi dan sinergi terus dimatangkan Pemerintah Kota Yogyakarta beserta jajarannya mulai Sekda, PUPKP, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Diskominfo, Satpol PP kota Yogyakarta, BPBD Kabag Umum, Camat Tegalrejo serta Lurah Bener.

Salah satu antisipasi itu dengan menyiapkan lahan dan bangunan untuk menampung lonjakan pasien covid 19. Rombongan Wali Kota Haryadi mengunjungi Rusunawa ini baru selesai dibangun, belum pernah terpakai atau digunakan untuk hunian warga kota Yogyakarta, Rabu (16/9/2020).

Nantinya, bangunan ini akan digunakan untuk penanganan maupun perawatan kasus covid19.

Lahan ini, milik Pemkot Kota Yogyakarta yang fungsi dan kegunaannya akan dimanfaatkan Pemerintah Kota Yogyakarta dan BPBD Yogyakarta, sebagai Rusunawa yang menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19.

"Pengelolaan bangunan ini akan diserahkan kepada BPBD Yogyakarta dan UPT Kota Yogyakarta beserta Dinas Kesehatan Yogyakarta," ujar Bhabinkamtibmas Polsek Tegalrejo Polresta Yogyakarta Aiptu Binarto, bersama anggota Koramil setempat saat mendampingi kunjungan Haryadi dan rombongan guna meninjau kesiapan bangunan rusunawa.

Wali Kota Haryadi mengunjungi bangunan yang memiliki struktur bangunan 3 lantai dan 48 kamar yang siap digunakan untuk mendukung program Pemkot Yogyakarta.

Diketahui, program penggunaan Rusunawa ini oleh Pemkot Yogyakarta, merupakan salah satu skenario yang disiapkan stakeholder atau para pemangku kepentingan di Yogyakarta, jika terjadi keadaan di luar kendali atau diluar prediksi atas penyebaran virus corona ini.

Sejumlah warga juga menyambut positif keberadaan bangunan Rusunawa yang nantinya bisa dimanfaatkan sebagai tempat perawatan darurat pasien Covid-19. (anp)

Bagikan Artikel

Rekomendasi