Hari Kemerdekaan dan 67 Tahun BI , Ribuan Veteran di Bali Menerima Sembako

Kamis, 13 Agustus 2020 : 17.56

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho hadir dalam seremonial penyerahan Program Sosial Bank Indonesia dalam rangka HUT BI dan HUT RI berupa penyerahan sembako dan alat kesehatan kepada Legiun Veteran Republik Indonesia Provinsi Bali/ist.

Denpasar - Dalam menyambut Hari Kemerdekaan RI dan HUT Bank Indonesia ke-67, Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bali berbagi kebahagiaan Legiun Veteran Republik Indonesia Provinsi Bali dengan membagikan sembako dan alat kesehatan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho hadir dalam seremonial penyerahan Program Sosial Bank Indonesia dalam rangka HUT BI dan HUT RI berupa penyerahan sembako dan alat kesehatan kepada Legiun Veteran Republik Indonesia Provinsi Bali.

"Acara kali ini kami rangkaikan pula dengan penyerahan Program Sosial Bank Indonesia dalam bentuk Kepedulian Sosial di bidang Keagamaan yaitu penyerahan sarana dan prasarana untuk ceramah keagamaan secara virtual kepada Vihara Buddha Sakyamuni," tutur Trisno Kamis (13/8/2020).

Presiden Soekarno mengatakan, Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya. 

"Kemerdekaan yang kita nikmati saat ini merupakan hasil tetesan keringat dan darah para pahlawan kita. Kita harus menghargai dan menghormati perjuangan para pahlawa yang telah gugur demi merebut kemerdekaan," ucapnya.

Ada banyak semangat juang yang bisa diambil dari perjuangan para pahlawan. Sifat-sifatnya seperti berani, tanggung jawab, toleransi, pantang menyerah, harus diteladani dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian rasa nasionalisme akan tumbuh pada diri dan semangat kebangsaan semakin meningkat.

Trisno mengungkapkan, pandemi covid-19 yang mulai mewabah sejak Februari 2020 di Indonesia membawa perubahan pada segala sektor kehidupan. 

Pemerintah berupaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 dengan menerapkan kebijakan social distancing. Warga negara juga diminta untuk senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Memakai masker jika harus keluar rumah dan rajin mencuci tangan dengan sabun.

Kebijakan social distancing ini tentu saja berpengaruh terhadap roda kehidupan manusia. Sektor ekonomi yang paling terasa dampaknya, karena hal ini menyentuh berbagai lapisan masyarakat. Tersendatnya laju ekonomi mengakibatkan tertutupnya pemenuhan kebutuhan primer manusia. 

Negara pun akan sangat terbebani kalau harus menanggung segala kebutuhan pokok setiap penduduknya.

Sebagai wujud syukur atas nikmat kemerdekaan dan sebagai bentuk kasih kepada para pejuang yang rela berkorban untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan ini, maka melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), KPwBI Provinsi Bali menyerahkan bantuan sembako dan alat kesehatan kepada para veteran.

Bantuan ini diberikan dalam rangka HUT BI ke-67 dan HUT-RI ke-75. Total bantuan yang disalurkan sebanyak 5.000 paket yang disalurkan di 30 provinsi di Indonesia. Berdasarkan rekomendasi LVRI Pusat, LVRI Provinsi Bali mendapatkan bantuan sebanyak 137 paket. 

Total anggota legiun veteran di Provinsi Bali sebanyak 2.403 orang, terdiri dari veteran pejuang sebanyak 1.943 orang. Veteran pembela sebanyak 395 orang dan veteran perdamaian sebanyak 65 orang.

Setelah ini, kami juga mengadakan talkshow dengan tema “Gelorakan Semangat Juang Generasi Milenial Menuju 75 tahun Kemerdekaan Indonesia”. Talkshow ini akan dibawakan oleh Ketua DPD Legiun Veteran Republik Indonesia Provinsi Bali, I Gusti Bagus Saputra dan diikuti oleh 175 (GenBI)  Provinsi Bali.

Selain itu, sebagai bentuk kepedulian sosial di bidang agama, kami juga menyerahkan bantuan untuk mendukung pelaksanaan ceramah keagamaan secara virtual. Bantuan berupa 1 set komputer editing video dan live streaming, video capture, kamera video, tripod dan kabel HDMI kami serahkan kepada Vihara Buddha Sakyamuni.  (rhm)


Bagikan Artikel

Rekomendasi