Putri Koster Ajak Kabupaten Lain Belajar Pengelolaan Sampah di Klungkung

Senin, 31 Agustus 2020 : 22.15
Ketua TP PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster didampingi Bupati I Nyoman Suwirta dalam lawatan di Kabupaten Klungkung/ist

Semarapura- Ketua TP PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster mengajak kabupaten dan kota lainnya di Bali untuk belajar pengelolaan sampah di Kabupaten Klungkung yang dinilai cukup berhasil dalam menangani masalah sampah,

Soal program pengelolaan sampah, Putri mengajak kabupaten/kota agar dapat mencontoh dan melakukan studi banding ke Kabupaten Klungkung. Tujuannya agar Provinsi Bali bersih, tidak mewariskan masalah sampah kepada Anak Cucu kelak.

Hal itu disampaikan Putri dalam lawatan di Kabupaten Klungkung didampingi Bupati I Nyoman Suwirta didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung Ayu Suwirta dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Sri Kasta.

Mereka mengunjungi di TOSS Center Karangdadi Desa Kusamba, Senin (31/8/2020).

Putri menyampaikan tujuannya ke Kabupaten Klungkung adalah untuk radio talkshow di radio semarapura dan Kunjungan kerja, dan mengapresiasi segala program yang dilakukan TP PKK Kabupaten Klungkung, pasti dapat langsung diterapkan di PKK Kecamatan maupun PKK tingkat Pedesaan di Kabupaten Klungkung.

“Luar Biasa dukungan yang diberikan Bupati Klungkung Beserta jajarannya, sehingga TP PKK Kabupaten Klungkung dapat sukses menjalankan program yang diamanatkan baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten”, pujinya.

Dia juga mengajak bersama-sama mulai memanfaatkan lahan pekarangan/halaman rumah untuk ketahanan pangan.

"Jadikan  rumah contoh Pembibitan HATINYA PKK, Kebun PKK ini sebagai salah satu cara untuk bergerak dan menggali potensi yang ada di daerahnya,” ajak Putri.

Terkait TOSS Center, Putri mengapresiasi Bupati Suwirta sebagai seorang pemimpin yang mampu mengarahkan dan mengajak masyarakatnya mengatasi permasalahan dengan menggunakan metode penyelesaian yang tepat.

Soal program pengelolaan sampah, Putri Koster mengajak kabupaten/kota agar dapat mencontoh dan melakukan studi banding ke Kabupaten Klungkung. Tujuannya agar Provinsi Bali bersih, tidak mewariskan masalah sampah kepada anak cucu kelak.

Saat ini, Toss Center yang berlokasi di Karangdadi, selain digunakan sebagai tempat pengolahan sampah juga dilengkapi dengan rumah contoh Pembibitan HATINYA PKK dan Kebun PKK seluas 10 x 10 meter.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan Pemkab Klungkung sudah menerapkan instruksi Gubernur tentang pengelolaan sampah plastik dan pengolahan sampah dari sumbernya.

“Pemkab Klungkung dengan menerapkan Program Gubernur yakni pengelolaan sampah, dapat menjalin sinergitas dengan Program HATINYA PKK”, harap Suwirta

Suwirta menyatakan adanya Kunjungan Kerja yang dilakukan Pemerintah Provinsi Ke Kabupaten Klungkung dapat menambah semangat dalam menjalankan program Pemerintah pusat maupun Provinsi, seperti program HATINYA PKK.

Pihaknya berharap, melalui Kunjungan Ketua TP PKK Provinsi, dapat memberikan semangat bagi PKK di Kecamatan maupun PKK Di Pedesaan di Kabupaten Klungkung dalam menerapkan Program HATINYA PKK serta kedepan agar TOSS Center dapat dijadikan sebagai Tempat study banding oleh Kabupaten/kota dalam pengolahan sampah yang berintegrasi dengan program HATINYA PKK.

Pada saat mendampingi Rombongan TP PKK Provinsi Bali, Bupati Suwirta juga mengenalkan program TOSS Center dan Program Garam Tradisional Beryodium “Uyah Kusamba yang merupakan salah satu Program Pemkab Klungkung dalam mensejahterakan masyarakat Klungkung.

"Mudah-mudahan dengan adanya rumah pembibitan ini dapat membantu program HATINYA PKK dalam menekan terjadinya inflasi daerah, dan kedepan agar sinergitas antara PKK dengan Pemkab Klungkung dapat ditingkatkan," harapnya.


Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta menyampaikan Rumah contoh Pembibitan HATINYA PKK dan Kebun PKK seluas 10 x 10 meter dan dilengkapi sebuah gubuk ilalang ini juga sudah ditanami berbagai tanaman sayur organik yang berasal dari rumah pembibitan. 

Diantaranya seledri, tomat, cabai, srei, kemangi serta sejumlah tanaman bunga. Rumah contoh HATINYA PKK nantinya akan dipergunakan sebagai percontohan kepada para ibu-ibu PKK baik di tingkat Kecamatan, maupun di tingkat Pedesaan dalam pemanfaatan dan penataan halaman rumah masing masing.

Selain mengunjungi TOSS Center, rombongan TP PKK Provinsi Bali menijau Rumah Contoh yang terdapat di areal TOSS center, dan melakukan panen panaman, Pemisahan bibit, melakukan penyerahan bibit, 100 paket sembako.

Juga penyerahan masker kepada PKK Desa serta melakukan Kunjungan ke lokasi pembuatan garam iodium, dan Supermarket yang menjual berbagai macam produk lokal.(rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi