Permudah Pelanggan Akses Berbagai Layanan Digital, XL Axiata Terapkan Teknologi CIAM

Selasa, 11 Agustus 2020 : 22.34

Yessie D. Yosetya, Director & Chief Information - Digital Officer XL Axiata
Jakarta - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menerapkan teknologi Customer Identity and Access Management (CIAM), yang memungkinkan pelanggan akan bisa mengakses myXL secara “single sign on”.

XL Axiata terus meningkatkan kualitas layanan bagi semua pelanggan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah meningkatkan kemudahan bagi semua pelanggan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang terkait produk XL Axiata, seperti myXL dan myAXIS. 

Dengan menerapkan teknologi Customer Identity and Access Management (CIAM), pelanggan akan bisa mengakses myXL secara “single sign on”. 

"Pelanggan bisa menggunakan ID media sosial yang dimiliki untuk masuk ke aplikasi myXL. Peningkatan kemudahan ini tentu juga mempertimbangkan sisi keamanan dan perlindungan atas data pelanggan," tutur .Yessie D. Yosetya, Director & Chief Information - Digital Officer XL Axiata dalam rilis, Selasa (11/8/2020).

Pihaknya selalu berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan dalam rangka menjaga kepercayaan dan meningkatkan loyalitas mereka. 

"Seiring dengan upaya kami untuk mempercepat inisitif transformasi digital, kami juga berharap bisa meningkatkan kemudahan akses ke berbagai layanan XL Axiata tanpa mengabaikan keamanan data pelanggan. Single sign on menjadi bagian dari berbagai kemudahan yang akan kami hadirkan dalam waktu dekat, selaras dengan visi kami sebagai perusahaan digital,” imbuhnya.

Guna membangun kemudahan ini, XL Axiata menggandeng ForgeRock, perusahaan asal Amerika Serikat yang menyediakan jasa untuk Customer Identity and Access Management (CIAM). Teknologi CIAM inilah yang memungkinkan single sign on bisa dibangun. 

Selain itu, dengan teknologi berbasis cloud ini, XL Axiata bisa menyatukan semua sistem yang diterapkan untuk pelanggan akses ke berbagai layanan XL Axiata. perlindungan terhadap akses ke data-data pelanggan dengan metode multi factor authentication.

Yessie menambahkan, dunia digital sudah demikian majunya. XL Axiata harus bisa beradaptasi dengan kemajuan yang ada untuk mampu menjawab tuntutan pelanggan atas layanan yang memiliki performa maksimal.

“Single sign on” semakin jamak diterapkan di berbagai jenis layanan digital, yang terbukti mampu mempermudah setiap orang untuk mengakses berbagai platform layanan data dan aplikasi dengan identitas yang sama. Identitas untuk akun media sosial adalah yang paling banyak dipakai untuk single sign on.

Di era serba digital yang juga sarat dengan kompetisi antarpenyedia layanan yang sama, suatu solusi yang bisa menghadirkan kemudahan bagi pelanggan akan bisa membawa dampak besar. Apalagi, masyarakat Indonesia juga semakin terbiasa dengan berbagai kemudahan yang dihadirkan oleh dunia digital. 

"Karena itu, sebisa mungkin XL Axiata akan terus menyesuaikan diri dengan tingkat adaptasi masyarakat pada teknologi digital terkini," demikian Yessie. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi