Kongres Kedua, Duet Wens dan Wahyu Pimpin AMSI 2020-2023

Minggu, 23 Agustus 2020 : 06.51

Jakarta -  Kongres kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) kedua menetapkan pasangan Wenseslaus Manggut (Wens) dan Wahyu Dhyatmika (Komang) untuk memimpin AMSI periode 2020-2023.

Keduanya, ditetapkan secara akalmasi dalam forum Kongres 2 AMSI, Sabtu (22/8/2020) di Jakarta yang diikuti secara virtual lebih dari 338 perusahaan siber dari 21 Wilayah.

Keduanya ditetapkan masing-masing sebagai Ketua Umum & Sekjen AMSI, setelah nama lain yang diusung menyatakan tidak bersedia dicalonkan.

Wens Manggut adalah Chief Content Officer (COO) KapanLagi Youniverse, sedangkan Wahyu Dhyatmika adalah Pemimpin Redaksi Majalah Tempo.

“Kongres menetapkan Wens Manggut sebagai Ketua Umum AMSI dan Wahyu Dhyatmika sebagai Sekjen AMSI,” tegas 

Pimpinan sidang Kongres Kedua AMSI Arief Rahman, Pemred lensaindonesia.com. Mendapat amanah untuk kedua kalinya, Wens menyatakan siap menerima mandat sebagai ketua umum tiga tahun mendatang.

Wens mengatakan dirinya melihat kebersamaan luar biasa dalam kongres kali ini seperti semangat dalam kongres tiga tahun lalu.

"Selama 3 tahun ini kebersamaan itu tak pudar, dan itu pulalah alasan saya mau nenerima mandat periode kedua ini,” tandas Wens.

Menurutnya, tantangan terbesar saat ini adalah perubahan yang begitu cepat pada industri informasi dan bisnis media.

Tidak hanya memerlukan profesionalitas namun juga memerlukan kesamaan langkah dan sikap soal ekosistem digital. 

"Kolaborasi dan kesatuan pikiran itulah kekuatan AMSI," katanya dalam kongres yang mengambil tema Membangun Ekosistem Media Siber Berkelanjutan.

Kongres Kedua AMSI juga menetapkan lima anggota Badan Pertimbangan dan Pengawas AMSI yang terdiri dari Sapto Anggoro (Pemred Tirto.id), Viktor C. Mambor (Penanggung Jawab Tabloidjubi.com), Dwi Eko (Lucky) Lokononto (Pemred Beritajatim.com), Citra Dyah Prastuti (Pemred KBR), dan Iin Yumiyanti (Wakil Direktur Konten detiknetwork).

Peserta Kongres juga mengusulkan sejumlah nama yang akan duduk pada kursi Majelis Etik AMSI yakni Nezar Patria (Thejakartapost.com), Arifin Asydhad (Pemred Kumparan.com), Metta Dharmasaputra (Co-founder & CEO Katadata), Upi Asmaradhana (Pemred kabarmakassar.com), Irfan Junaedi (Pemred republika.co.id), Citra Dyah Prastuti (Pemred KBR), Arief Rahman (Pemred lensaindonesia.com), Yatimul Ainun (Pemred timesIndonesia.co.id), Abdul Manan (Ketua Umum AJI), Ati Nurbaeti (Mantan Ketua Umum AJI), Teguh Imam Wibowo (Kepala Biro Antara Kalbar), dan Yoseph Stanley Adi Prasetyo (Tokoh Pers).

Pengurus terpilih selanjutnya akan menetapkan tiga nama untuk menjadi Majelis Etik AMSI Periode 2020-2023.

Kongres Kedua AMSI dibuka, Sabtu (22/8) pagi yang direncanakan berlangsung dua hari akhirnya bisa diselesaikan dalam sehari. 

Awalnya Kongres Kedua akan digelar di Surabaya, Jawa Timur. Akan tetapi, karena pandemi Covid-19, kongres digelar secara virtual.

Menanggapi hasil Kongres 2 itu, Ketua AMSI Wilayah Papua Syamsuddin Levi mengakui puas dan berharap AMSI bisa semakin berkembang dalam meningkatkan kualitas media siber menghadapi persaingan yang semakin kompetitif di era ini ke depannya.

Sekretaris AMSI Bali Rohmat menyambut positif kepemimpinan AMSI di bawah duet Wens dan Wahyu yang selama tiga tahun terakhir mampu mengantarkan organsiasi ini tumbuh dengan pesat di Tanah Air termasuk menjadi konstituen Dewan Pers.

"Saya melihat kepemimpinan Wens dan Wahyu masih dibutuhkan AMSI ke depan, konsolidasi dan kesolidan organisasi berjalan baik," sambung Pemred Kabarnusa.com ini.

Dirinya meyakini AMSI ke depan yang ingin mewujudkan perusahaan pers sehat dan profesional ini, akan bisa berkontribusi positif bagi Kemajuan masyarakat, bangsa dan negara. (ahs)


Bagikan Artikel

Rekomendasi