Gunakan Metode Zoning, Patra Bantu Pasokan Air Bersih Warga Pelaga

Senin, 31 Agustus 2020 : 00.00


Mangupura -  PT Patra melaksanakan aksi Corporate Social Responsibility (CSR) berupa pembuatan sistem air bersih dengan metode zoning bagi masyarakat Dusun Auman, Desa Pelaga, Kabupaten Badung, Sabtu (29/8/2020).

Melalui lini bisnisnya Patra Hotels & Resorts, The Patra Bali Resorts & Villas membantu mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat Dusun Auman terkait pasokan air bersih.

Wilayah Dusun Auman ditempati sekitar 170 KK (900 jiwa) yang tersebar dengan jarak berjauhan dan memiliki posisi ketinggian bervariasi. 

Air bersih untuk konsumsi masyarakat sehari-hari di Dusun Auman dan manfaat sumber-sumber air yang ada di wilayah Dusun Auman, seperti sumber air Pura Taman dan sumber air Auman Pondokan belum terasa maksimal.

Untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat Auman, saat ini mengambil dari sumber air Pura Taman. Sementara keberadaan sumber air di Pura Taman juga sudah dimanfaatkan sebagian oleh warga Dusun Bukit dan Bukit Munduk Tiying.

Lokasi permukiman penduduk yeng menyebar dan berlokasi di daerah perbukitan menyebabkan distribusi air bersih yang belum dapat memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat.

Kegiatan pembuatan sistem air bersih dengan metode zoning dibuka GM The Patra Bali Resort & Villas Suwardi, dilanjutkan penyerahan secara simbolis. Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Auman dan Banjar Auman, Desa Pelaga Petang, Kabupaten Badung.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk rasa syukur atas kinerja dan prestasi perusahaan serta komitmen perusahaan dalam berkontribusi dalam pengembangan ekonomi berkelanjutan.

Tentunya, dengan memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan dan menitikberatkan pada keseimbangan antara perhatian terhadap masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Peningkatakan kapasitas dan pemerataan distribusi pelayanan air bersih di Dusun Auman yang terbagi menjadi 2 zona, yaitu zona Auman Desa dan Auman Pondokan ini diharapkan dapat meningkatkan kesehatan serta produktivitas bermasyarakat dalam usaha pertanian dan peternakan. 

"Diharapkan dapat secara mandiri mengakses air bersih guna membantu melaksanakan kegiatan sehari-hari untuk menciptakan masyarakat mandiri secara ekonomi,” imbuh Suwardi.

Acara dihadiri Camat Petang.I Wayan Darma, mewakili Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, SSos), anggota DPRD Badung I Gusti Lanang Umbara, jajaran perangkat Desa Pelaga dan warga masyarakat setempat.
 (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi