Bupati Mas Sumatri : Semangat Pahlawan Terdahulu Teladan Perang Melawan Covid-19 Saat Ini

Senin, 17 Agustus 2020 : 18.43

Karangasem – Kemerdekaan tak lepas dari jasa para pahlawan. Mereka rela berkorban jiwa dan raga demi melepaskan tanah air dari belenggu negara lain. 

Perjuangan para pahlawan patut diteladani. Jasa bakti mereka harus jadi panutan. Penghormatan kepada para Pahlawan tetap diberikan melalui Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS), di Tugu Pahlawan  Monumen Ciung Wanara, Amlapura, Senin (17/8) dini hari walaupun dalam masa pandemi.

“Para Pahlawan rela berkorban jiwa dan raga demi kemerdekaan, demi generasi bangsa agar terbebas dari penajajahan. Sudah sepatutnya kita memberikan hormat sekaligus doa kepada mereka,” kata Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri selaku Inspektur Upacara.

Bupati Mas Sumatri mengajak merenung kembali atas jasa-jasa pahlawan yang telah gugur. Terutama merenungkan perjuangan mereka dalam berperang merebut kemerdekaan.

Perjuangan pahlawan, lanjut Bupati Mas Sumatri, tidaklah mudah. Memakan korban yang tak terhitung jumlahnya. Apel kehormatan dan renungan suci dilakukan sebagai bentuk kehormatan atas jasa para pahlawan.

"Sekaligus kita mendoakan semua pahlawan ini agar jasa baktinya dicatat sebagai amal ibadah dan arwahnya diterima Tuhan Yang Maha Kuasa," harapnya. 

Perjuangan pahlawan, kata Mas Sumatri, akan sia-sia jika generasi penerus tidak mengisi kemerdekaan untuk memajukan bangsa. 

Apalagi, generasi saat ini juga tengah dihadapkan dengan perang melawan Covid-19. Perang yang tak kalah hebatnya. Perang ini semakin sulit lantaran Covid-19 musuh tak kasat mata. 

Perjuangan para pahlawan terdahulu harus menjadi pelecut semangat untuk memenangkan peperangan kali ini. 

"Kalau para pahlawan terdahulu bisa mengusir penjajah yang sebegitu hebatnya, kita juga harus berhasil mengatasi musuh yang bernama Covid-19 ini," tegasnya. 

Kegiatan berlangsung khidmat dan tidak terlepas dari protokol kesehatan. Mulai pemakaian masker, pembatasan peserta, dan penerapan jaga jarak.

Turut Hadir dalam upacara ini, Bupati Karangasem selaku inspektur upacara. Wakil Bupati, I Wayan Artha Dipa,  Sekda I Ketut Sedana Merta, Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf. Bima Santosa, Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini, Kajari Kab. Karangasem Isaak Karaeng,  Kepala Pengadilan diwakilkan.

Hadir juga Ketua DPRD Kab. Karangasem I Gede Dana , Wakil Ketua DPRD I Nengah Sumardi, para OPD Kab. Karangasem, Para Staf Ahli, Asisten, Kabag Dinas Kab. Karangasem, Para Perwira TNI Kodim 1623/Karangasem dan Para Perwira Polres Karangasem. (ahs)

Bagikan Artikel

Rekomendasi