XL Axiata Berkomitmen Jaga Kualitas Layanan di Kawasan Industri Jawa Barat

Jumat, 10 Juli 2020 : 02.00
Group Head Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti mengatakan, XL Axiata melihat peran penting dari Jawa Barat dalam kemajuan perusahaan hingga saat ini/ist 
Bandung - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) tetap berkomitmen untuk terus menjaga kualitas layanan di Provinsi Jawa Barat.

Salah satu yang turut menjadi fokus penguatan jaringan adalah kawasan industri baru yang berlokasi di segitiga emas Majalengka, Cirebon, dan Subang. 

Kawasan ini merupakan simpul dari tiga lokasi strategis dalam pengembangan ekonomi yang telah didukung beragam infrastruktur seperti Pelabuhan Cirebon, Pelabuhan Patimban, hingga Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang terkoneksi dengan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Group Head Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti mengatakan, XL Axiata melihat peran penting dari Jawa Barat dalam kemajuan perusahaan hingga saat ini.

Posisi geografis Jabar yang berbatasan langsung sekaligus menyangga Ibukota, menjadikan
karakteristik kebutuhan dan pola konsumsi internet masyarakatnya mirip dengan masyarakat yang bermukim di DKI Jakarta. Semakin banyaknya kawasan industri yang berdiri di Jabar menjadi perhatian khusus bagi kami untuk turut memberikan layanan dari segmen korporat.”

Menurut Purbayanti, penguatan jaringan masih akan terus digencarkan di sepanjang kawasan ini guna mendukung kebutuhan seluruh lapisan masyarakat dalam hal akses telekomunikasi berkualitas.

Segmentasi pasar, analisis kebutuhan pelanggan hingga adaptasi produk secara cepat dan tepat merupakan beberapa strategi yang kami terapkan dalam memenuhi kebutuhan para pelanggan di Jabar.

Guna memperkuat ekosistem dan memanfaatkan perkembangan potensi bisnis solusi Internet of Things (IoT), pada akhir 2019 yang lalu XL Axiata meluncurkan secara komersial jaringan yang dilengkapi dengan penyediaan kartu khusus Narrowband IoT (NB-IoT) di 31 kota/kabupaten di Indonesia termasuk Majalengka dan Cirebon yang merupakan bagian dari kawasan industri baru di Jabar.

Dalam pengembangannya, XL Axiata menjalin kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Kementerian Perindustrian.

Hingga saat ini, layanan XL Axiata di Jawa Barat telah didukung lebih dari 25 ribu BTS (2G/3G/4G). Khusus untuk kawasan industri baru di Jabar yang terdiri dari Subang-Majalengka-Cirebon, layanan XL Axiata didukung lebih dari 1.900 BTS (2G/3G/4G).

Dibandingkan periode sama pada tahun lalu, penambahan BTS di Jawa Barat naik lebih dari 25%. Melihat kebutuhan akan jaringan berkualitas yang terus meningkat di kawasan ini, perseroan melakukan beberapa inisiatif antara lain tetap melanjutkan pembangunan fiberisasi di masa ini.

Selain di Subang, Majalengka, dan Cirebon, fiberisasi terus berlanjut di sejumlah kota dan kabupaten lainnya di Jawa Barat antara lain Bandung, Bandung Barat, Banjar, Ciamis, Cianjur, Garut, Indramayu, Cimahi, Tasikmalaya, Kuningan hingga Purwakarta.

Dikatakan, investasi terkait fiberisasi jaringan terus dilaksanakan guna melayani trafik data yang terus meningkat dengan pesat khususnya di masa new normal ini.

Selain itu, investasi pada transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan peningkatan jaringan lainnya terus digelontorkan untuk melayani pertumbuhan trafik data sehingga dapat memberikan stabilitas pada koneksi, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan secara umum. (rhm)
Bagikan Artikel

Rekomendasi