Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Warnai TMMD ke-108 di Gianyar

Minggu, 05 Juli 2020 : 18.27
TMMD dilaksanakan Korem 163/Wirasatya di Desa Buahan Kaja dan Kerta, Kecamatan Payangan, Gianyar, diantaranya menggelar pelatihan wawasan kebangsaan bersama warga masyarakat/ist.
Gianyar- TNI terus mensosialisasikan empat pilar kebangsaan yakni, UUD 1945, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI seperti yang dilakukan dalam program Program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke 108 di wilayah Kodim 1616/Gianyar.

TMMD dilaksanakan Korem 163/Wirasatya di Desa Buahan Kaja dan Kerta, Kecamatan Payangan, Gianyar, diantaranya menggelar pelatihan wawasan kebangsaan bersama warga masyarakat.
 
Perwira Seksi Bakti TNI Korem 163/ Wira Satya, Mayor Inf. Wayan Notes mengatakan, selain kegiatan di proyek pengerjaan jembatan dan jalan untuk warga desa.

"TNI juga melakukan kegiatan seperti pelatihan wawasan kebangsaan," kata Notes yang bertindak sebagai pengisi materi, di lokasi, Minggu (5/7/2020).

Dijelaskan, pelatihan menekankankan kepada empat pilar kebangsaan, diantaranya empat pilar, Yakni, UUD 1945, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.
 
“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan wawasan kebangsaan bagi masyarakat luas. Seperti kita tahu empat pilar ini tidak boleh ditawar-tawar lagi,” katanya.
 
Kelian Banjar Dinas Selat I Made Gunawan menyatakan, adanya pelatihan seperti ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi warganya.
 
Setiap peserta yang hadir agar menyebarluaskan ilmu yang didapat melalui kegiatan ini. Mulai di lingkungan keluarga, tetangga, kerabat dekat dan masyarakat banjar maupun desa adat secara umum.

"Karena berperilaku itu, Bali tetap menarik bisa dikunjungi wisatawan karena dari pariwisata masyarakat Bali akan sejahtera,” tuturnya.
 
Pihaknya berterima kasih kepada TNI yang telah memberikan pelatihan seperti ini agar warga semakin tertanam dan diimplementasikan sesuai kemampuan masing-masing.
 
Dandim 1616/Gianyar, Letkol Inf Frandy Siboru menjelaskan, selain kegiatan di lapangan seperti TMMD 108, diharapkan kegiatan TNI lainnya bersama masyarakat terus terjalin.

“Kegiatan pelatihan ini kami lakukan di sela kegiatan TMMD 108 di wilayah Gianyar, guna memupuk rasa cinta pada tanah air dan bangsa,” tandas alumnus Akmil 2000 ini.

Menurutnya, penanaman nilai-nilai empat pilar kebangsaan sangat penting khususnya bagi generasi muda saat memasuki era industri 4.0, yang ditandai dengan perubahan informasi dan teknologi yang begitu cepat.

Banyak paham-paham dan pengaruh baru seiring globalisasi, yang bisa merasuki mental dan mainset anak-anak muda, sehingga jika tidak difilter dan dibekali wawasan kebangsaan yang baik, bisa menggerus jati diri mereka sebagai anak bangsa dalam bingkai NKRI.

TNI senantiasa berada di garda terdepan dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara dan dalam momentum TMMD ini, sangat strategis untuk menanamkan empat pilar kebangsaan kepada masyarakat khususnya generasi muda agar mereka tidak melupakan sejarah dan perjuangan para pendahulu pendiri bangsa. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi