Satuan GTPP Covid-19 Tabanan Apresiasi Aksi Polri dan TNI

Rabu, 15 Juli 2020 : 21.23
Aksi personil Polri dan TNI saat melakukan penyemprotan desinfektan di Desa Dajan Peken, Tabanan, Bali
TABANAN - Kapolsek Tabanan Kompol I Nyoman Sukanada memimpin langsung lima personil Polri dan TNI melakukan penyemprotan desinfektan di wilayah Desa Dajan Peken, Kecamatan Tabanan, Tabanan, Bali, Rabu (15/7/2020)

Personil yang dilibatkan dalam aksi penyemprotan tersebut yakni empat personil Polri dari Polsek Tabanan dan satu Personil TNI dari Koramil 01 Tabanan yang bertugas sebagai Babinsa Desa Dajan Peken.

"Penyemprotan dilakukan dengan alat semprot manual gendong agar tepat sasaran pada tempat-tempat potensial menjadi media penyebaran covid-19," ujar Kapolsek Sukanada

Menurut Kapolsek Sukanada,penyemprotan yang dilakukan ini sesuai arahan dari Kapolres Tabanan untuk melakukan langkah-langkah nyata mencegah penyebaran covid-19 di masa awal memasuki adapatasi kebiasaan baru di Tabanan yang mengusng konsep Tabanan Aman dan Produktif.

"Polri dan TNI siap mendukung dan berperan aktif mencegah penyebaran covid-19 di masa kebiasaan baru atau new normal di Tabanan. Oleh karena itu, selain melakukan penyemprotan desinfektan kami juga melakukan sosialisasi terkait protokol kesehatan covid-19," paparnya.

Terkait kegiatan  tersebut, Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan  (GTPP) Covid-19 Kabupaten Tabanan melalui juru bicaranya Putu Dian Setiawan memberikan apresiasi dan dukungannya.

"Pencegahan penyebaran covid-19 harus dilakukan secara bersama-sama oleh pihak-pihak terkait. Baik itu Satuan gugus tugas, TNI/Polri, instansi terkait maupun warga masyarakat," katanya

Putu Dian Setiawan yang juga Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Tabanan ini berpesan agar warga masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan yang disarankan oleh pemerintah untuk pencegahan penularan covid-19.  

"Masyarakat harus disiplin melakukan upaya-upaya pencegahan Covid-19, seperti pemakaian masker setiap keluar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer, menghindari kerumunan, melakukan physical distancing dan lainnya," katanya mengingatkan.

Hal itu diingatkan Dian Setiawan karena di Kabupaten Tabanan masih terjadi transmisi lokal penularan Covid-19 yang di antaranya diakibatkan masih belum disiplinnya warga masyarakat menerapkan protokol kesehatan yang disarankan.

Disebutkan, berdasarkan data di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tabanan sampai Rabu (15/7/2020) sore, di Kabupaten Tabanan ada penambahan satu kasus positif Covid-19 yang dialami tenaga kesehatan. Di sisi lain, pada hari ini juga ada dua kasus pasien yang sembuh dari covid-19.

"Data akumulatif covid-19 di Kabupaten Tabanan sampai hari ini, total kasus positif 102 kasus,  sembuh 79 kasus, meninggal 1 kasus  dan dalam perawatan 22 kasus," pungkasnya. (gus)
Bagikan Artikel

Rekomendasi