Pura Paibon Arya Wang Bang Pinatih Terbakar, Pembersihan Niskala Dilakukan

Minggu, 19 Juli 2020 : 15.15
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta meninjau lokasi kebakaran di Bale Piasan Pyra Pelebon Arya Bang Pinatih/ist
Semarapura - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta meminta agar dilakukan pembersihan secara niskala menyusul musibah kebakaran Bale Piasan Pura Paibon Arya Wang Bang Pinatih di Dusun Jelantik Mamoran, Desa Tojan, Klungkung terbakar pada rahina Tumpek Landep, Sabtu (18/7/2020).

Diduga penyebab kebakaran karena sisa dupa usai persembahyangan Tumpek Landep. Bale Piyasan beratap genteng, di dalamnya berisi barang berupa Gong Baleganjuran, pengangge pura dan perlengkapan lainnya semuanya ludes terbakar di tengah kobaran api yang cukup besar.

Klian Pura Ketut Noviana, pengempon pura menerangkan kebakaran terjadi sekitar pukul 12.30 WITA, diperkirakan mengalami kerugian sekitar Rp 300 juta.

“Adapun pelinggih yang terbakar yaitu, pelinggih bale piasan, yg di jadikan tempat menaruh Pengangge Pura, dan seperangkat Gong Bale ganjur yang terbakar, " Ujar Noviana.

Menyikapi musibah yang terjadi, Bupati Suwirta menegaskan, perlu diambil langkah-langkah baik secara sekala dan niskala.

Secara sekala pihaknya mengharapkan pengempon segera melakukan pembersihan terhadap sisa-sisa bangunan yang berserakan.

Langkah yang paling penting untuk dilakukan yakni, melakukan pembersihan secara niskalanya.

Disamping itu, pihaknya juga akan mengupayakan bantuan untuk perenovasi bale piasan tersebut.

“Musibah ini mengajarkan kita semua selalu waspada dan berhati-hati, agar musibah serupa tidak terulang lagi,” imbuhnya.(rhm)
Bagikan Artikel

Rekomendasi