Polres Klungkung Amankan Perayaan Hari Banyupinaruh di Sejumlah Pantai

Minggu, 05 Juli 2020 : 11.01
Pengamanan dilaksanakan di sepanjang pantai di Kabupaten Klungkung, seperti Pantai Goa Lawah dan Pantai Kusamba di Kecamatan Dawan, Pantai Watu Klotok di Kecamatan Klungkung, Pantai Lepang dan Pantai Tegalbesar, Kecamatan Banjarankan serta sejumlah pantai di Kecamatan Nusa Penida/ist.

Semarapura -  Para personel Polsek di wilayah Polres Klungkung diterjunkan dalam rangka pengamanan perayaan Hari Raya Banyupinaruh di sejumlah pantai, (5/7/2020).

Pengamanan dilaksanakan di sepanjang pantai di Kabupaten Klungkung, seperti Pantai Goa Lawah dan Pantai Kusamba di Kecamatan Dawan, Pantai Watu Klotok di Kecamatan Klungkung, Pantai Lepang dan Pantai Tegalbesar, Kecamatan Banjarankan serta sejumlah pantai di Kecamatan Nusa Penida.

Saat perayaan Hari Raya Banyupinaruh terjadi peningkatan aktifitas masyarakat terutama terpusat di pantai. 

Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat termasuk warga Klungkung, sehari setelah perayaan Hari Raya Saraswati, tepatnya pada Hari Raya Banyupinaruh, warga memilih melakukan ritual penyucian diri di pantai dan sumber-sumber mata air lainnya.

Ritual ini dilaksanakan pagi hari saat matahari mulai menampakkan diri. Namun ditengah keramaian ritual penyucian diri, kondisi cuaca dikhawtirkan tidak menentu. 

Demikian pula efouria warga ditakutkan tidak mengindahkan rambu-rambu larangan mandi di laut.dan sosialisasi new normal.

Juga, edukasi yang diberikan berupa ajakan serta mengingatkan para pengunjung pantai dalam pencegahan Covid-19 diantaranya, dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan benar, dan menjaga jarak.

Kondisi ini yang diwaspadai aparat kepolisian kususnya persinil Polres Klungkung. Sebab, dari catatan sebelumnya, saat perayaan Banyupinaruh beberapa kali terjadi peristiwa warga terseret ombak karena mandi teralu ke tengah laut.

Tidak itu saja, saat kondisi cuaca tidak memungkinkan, masih ada warga yang nekad ‘menantang’ ombak hingga yang bersangkutan terseret arus bahkan hingga meregang nyawa.

“Kami tetap memantau aktifitas warga yang melaksanakan perayaan Banyupinaruh. Kami bersama personil juga mengimbau warga agar tetap memaspadai kondisi gelombang,” ujar Kabag Ops Polres Klungkung Kompol I Gede Made Surya Atmaja saat memimpin pengamanan Banyupinaruh.

Kegiatan anggota Polsek dan Polsek jajaran merupakan wujud pelayanan kepolisian, hadir di tengah-tengah masyarakat dan selalu siap siaga dalam menjaga dan menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat termasuk mengamankan jalannya perayaan Banyupinaruh. (riz)
Bagikan Artikel

Rekomendasi