Pasebaya Agung Komang Semara Terpilih sebagai Bala Praja PGSDT Karangasem

Rabu, 08 Juli 2020 : 20.55
Relawan yang juga Net Control Station Pasebaya Agung I Komang Eka Semara Putra terpilih sebagai Bala Praja PGSDT Karangasem. /ist
Karangasem
—Relawan yang juga Net Control Station Pasebaya Agung I Komang Eka Semara Putra terpilih sebagai Bala Praja PGSDT Karangasem. 

Bala Praja merupakan, semacam pasukan pengaman sekaligus penyagah yang nantinya akan mengemban tugas di Para Gotra Sentana Dalem Tarukan (PGSTD). 

Mang Eka, sapaan pria asal Dusun Perangsari Kelod, Duda Utara, Selat ini biasa disapa terpilih secara aklamasi Ketua Pengurus PGSDT Kecamatan, Forum Pemangku dan Pemuda PGSDT se Kabupetan Karangasem di Desa adat Asak, Karangasem beberapa waktu lalu.

Sementara Mejaya Jaya sudah dilakukan 5 Juli lalu disertai dengan melakukan pewintenan di Pura Pedarman Pulasari Bangli.

Prosesi ini dipuput Ide Sri Begawan dari Geria Kesimpar, Karangasem dan Pemangku Pedarman Jro Mangku Jati.

Ketua Pengurus Pusat PGSDT I Nyoman Gunawan turut hadir bersama pengurus lainya seperti Profesor Guru Parimarta yang juga Ketua Pemuda Pusat, Ketua Pengurus Kabupetan se Bali, Ketua Pengurus Kabupaten Karangasem Guru Nyoman Suwita Ariana. 

Guru Suwita menjelaskan, tujuan pembentukan Bala Praja untuk mempersatukan pesemetonan dan nantinya akan bertugas sebagai pengabih Ide Batara, saat adanya Piodalan dan Ide Batara Melasti ke Segara.

Bala Praja Karangasem sebagai gerbang matahari terbit dari ujung timur pulau Dewata membawa makna sebagai persatuan dan kesatuan pesemetonan.

Sementara itu Guru Gunawan menyambut baik terbentuknya Bala Praja Karangasem.

Diketahui Mang Eka juga dikenal sebagai Relawan Pasebaya Agung yang juga Ketua DPC Laskar Bali Shanti, Karangasem. yang bersangkutan juga sebagai Ketua Pexi Karangasem. Selama ini Mang Eka cukup dikenal  dengan suaranya di Radio Pasebaya Agung karena yang bersangkutan bertugas sebagai NCS.

“Saya sangat beterima kasih atas kepercayaan yang diberikan, dan akan berusaha sebaik-baiknya untuk ngayah,” ujarnya. (nik)
Bagikan Artikel

Rekomendasi