Kabarnusa.com Raih Dana Bantuan Darurat JERF Google

Kamis, 09 Juli 2020 : 23.59
ilustrasi
Mangupura - Kabarnusa,com, portal berita lokal yang berbasis di Badung, Bali, mendapatkan bantuan Dana Darurat Jurnalisme atau Journalism Emergency Relief Fund (JERF) Google News Initiative (GNI) saat pandemi Covid-19.

Dari sekira 5.300-an lebih media lokal skala kecil dan menengah di seluruh dunia penerima JERF Google News Initiative (GNI) di tengah pandemi Covid-19, Kabarnusa,com, satu diantaranya yang beruntung.

Setelah melewati seleksi ketat, kucuran dana bantuan darurat Jurnalisme itu telah disalurkan ke Kabarnusa,com, anggota Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Bali

Pendanaan telah diterima Kabarnusa.com pada Selasa (23/6), melalui Payoneer – jasa keuangan online yang bermarkas di New York, Amerika Serikat.

Google memberikan bantuan pendanaan ini, guna mendukung produksi informasi (berita) yang dibutuhkan komunitas lokal dalam menghadapi pandemik Covid-19. Kesempatan ini. menyediakan bantuan keuangan yang mudah diakses pada saat kritis dewasa ini.

Dilansir dari blognya, Head of Google News Initiative Innovation, Ludovic Blecher, mengatakan 5.300 media memperoleh bantuan berasal dari 140 negara yang dinyatakan memenuhi syarat.

Mulai pendaftaran dibuka awal April 2020, Google menerima lebih dari 12.000 proposal. Namun sekitar 50 persen proposal tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan untuk umum.

“Sekitar 90 persen media lokal yang menerima bantuan di antaranya berasal dari newsroom atau media yang mempekerjakan kurang dari 26 jurnalis,” katanya.

Dalam laporannya, Tim Google News Initiative melakukan review berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan, yaitu media yang beroperasi di wilayahnya sendiri, menyasar pembaca di kelompok geografis tertentu, serta bertekad meneruskan kerja mereka lewat pendanaan ini.

Tim penyeleksi juga disebut melibatkan lebih dari 300 Googlers (istilah bagi karyawan Google) untuk ikut memeriksa pendaftaran, serta menggelar belasan webinar dalam prosesnya.

Penerima terbanyak berbasis di kawasan Amerika Utara dengan lebih dari 1.800 media (dari 3.050 lebih pendaftar), diikuti kawasan Eropa, Timur Tengah dan Afrika dengan total lebih dari 1.550 media (4.700 lebih pendaftar).

Selanjutnya kawasan Amerika Latin dengan lebih dari 1.050 media (lebih dari 2.350 pendaftar). Sementara Asia-Pasifik, termasuk Indonesia, ada lebih dari 800 media yang menerima dana dari 2.000 lebih pendaftar.

Diantara penerima bantuan ini yang merupakan anggota AMSI tercatat 40 media siber tersebar di nusantara termasuk Kabarnusa.com

Direktur PT Media Kabar Nusa yang menaungi Kabarnusa.com, Rohmat, menyatakan apresiasi yang tinggi kepada Google News Initiative (GNI) atas dukungannya terhadap keberlangsungan media siber di Tanah Air.

Dia juga menyampaikan rasa syukur atas terpilihnya media yang berkantor pusat di Jalan Dewata Permai A1 No 6, Sading Mengwi Badung Bali itu, sebagai penerima dana JERF.

Tentunya, dukungan dana itu sangat membantu media yang dikelolanya, yang turut terdampak pandemi COVID-19 secara pendapatan, selama beberapa bulan.

"Kami akan memanfaatkan bantuan ini sebaik mungkin, untuk mendukung kegiatan operasional sebagai perusahaan pers, meningkatkan produksi berita hingga kapasitas jurnalis," tutur Rohmat.

Bantuan tersebut juga diharapkan bisa memotivasi jajaran redaksi untuk lebih produktif dalam menyiarkan produk jurnalistik untuk memenuhi hak publik dalam mendapatkan informasi,

Rohmat juga menyampaikan terima kasihnya kepada pengurus AMSI Pusat maupun keluarga besar anggota AMSI lainnya, yang terus mensupport, membimbing saat pengajuan pendaftaran pendanaan JERF Google News Initiative (GNI) hingga akhirnya lolos sebagai penerima bantuan JERF tahun ini, (rhm



Bagikan Artikel

Rekomendasi