Bupati Eka Tentang New Normal Tabanan Aman dan Produktif

Jumat, 17 Juli 2020 : 21.55
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti sosialisasikan New Normal Tabanan Aman dan Produktif di lingkungan pedagang di Pasar Darurat Terminal Pesiapan
TABANAN - Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengungkapkan New Normal bukan bearti hidup normal seperti biasanya, namun yang dimaksudkan adalah hidup dengan kenormalan baru di masa pandemi berdampingan dengan virus covid-19 mengikuti protokol kesehatan dengan disiplin diri dan komitmen untuk menjaga diri sendiri dan lingkungan keluarega tidak terjadi transmisi lokal. 

Hal itu diungkapkan Bupati Eka saat dicegat wartawan seusai membagika 3.600 Paket Imun dan masker kepada pedagan di Pasar darurat Terminal Pesiapan, Jum'at (17/7/2020)

Menurut Bupati Tabanan, New Normal atau tatanan kehidupan baru ala Tabanan adalah Tabanan Aman dan Produktif. Hal ini dimaksudkan agar warga masyarakat dan kita semua tetap sehat dan aman dengan disiplin dan selalu berkomitmen menerapkan protokol kesehatan yang ditentukan pemerintah. Yakni menggunakan masker, jaga jarak, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, selalu mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Setelah hal itu terwujud, maka warga masyarakat Tabanan bisa melakukan aktifitas dan bekerja secara produktif. "Untuk mewujudkan Tabanan Aman dan Produktif di masa pandemi covid-19 ini, kita harus selalu mengingatkan warga masyarakat, utamanya para pedagang di pasar yang merupakan ruang publik rawan terjadinya transmisi lokal," paparnya.

Terkait hal itu, Bupati Eka dalam waktu dekat ini akan melakukan himbauan melalui rekaman yang bisa diputar terus-menerus di tempat-tempat umum utamanya di pasar. "Protokol kesehatan covid-19 harus selalu diingatkan agar warga masyarakat selalu disiplin dan berkomitmen menerapkan protokol kesehatan. Saya akan melakukan himbauan melalui rekaman suara saya dalam bahasa Bali, Indonesia dan bahasa Inggris," paparnya.

Memasuki kehidupan new normal, Bupati Eka meminta kepada seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Tabanan untuk memberitahukan kepada ASN, tenaga kontrak dan seluruh jajarannya agar ikut bersama sama memberikan edukasi pencegahan Covid-19 kepada masyarakat dan menjadi contoh penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, di masing-masing tempat tinggalnya, untuk menjaga tidak terjadinya transmisi lokal.

Sementara itu, berdasarkan update laporan Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanggulanan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Tabanan I Gede Susila, terjadi penambahan kasus covid-19 sejumlah tiga kasus menjadi 21 kasus per Jum'at (17/7/2020) sore.

"Tiga orang yang terpapar Covid-19 berasal dari Desa Abiantuwung, Kediri dan Desa Penatahan, Penebel yang sudah dikarantina di Hotel R.  Dengan adanya tambahan 3 kasus tersebut, data akumulasi terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Tabanan hari ini, 21 orang dalam perawatan, 85 orang sembuh, 1 orang meninggal dan 107 orang positif Covid-19," paparnya. (gus)
Bagikan Artikel

Rekomendasi