Berikan Keamanan dan Kenyamanan Penumpang, M Trans Luncurkan Bus Super Executive "Sultan Class"

Selasa, 14 Juli 2020 : 20.59
Denpasar - Di tengah pandemi COVID 19 ini, banyak pelaku usaha yang beradaptasi agar dapat tetap mengikuti anjuran pemerintah yaitu physical distancing. Seperti dilakukan Perusahaan Otobus (PO) Mtrans yang melakukan inovasi terhadap armadanya untuk menjamin terjaganya keamanan dan kenyamanan penumpangnya.

Mtrans belum lama ini meluncurkan bus dengan konsep social distancing. Pada bagian kabin bus, konfigurasi kursinya diatur menjadi 1-1-1. Jadi ada jarak cukup antara penumpangnya.

“Inovasi baru ini diiakukan untuk menjaga jarak aman antar penumpang selama dalam perjalanan. Sehingga perjalanan selama masa pandemi ini dapat dilakukan dengan aman dan nyaman,” ujar Direktur Mtrans Simon Purwa didampingi Manajer Operasional Rozi Yulianto, di kantor Mtrans Denpasar, Senin 13 Juli 2020.

Jumlah kursi yang ada di kabin bus buatan ini yaitu 22 kursi, dari sebelumnya 30 kursi lebih. Karena kursi yang lebih besar, kapasitas penumpangnya jadi lebih sedikit. Mtrans pun menamakan kelas khusus untuk armada dengan konfigurasi unik ini, yaitu Sultan Class.

Menurut Simon, penekanan prosedur protokol kesehatan merupakan prioritas dalam kegiatan operasional Mtrans. Hal ini dengan dilakukan kegiatan disinfektan setiap unit kendaraan pasca perjalanan dan poin-poin protokol kesehatan selama proses boarding penumpang serta selama perjalanan.

Mtrans sudah mulai mengoperasikan armada barunya dengan sebutan Sultan Class mulai Selasa (7/7/2020) dengan trayek Kediri ke Denpasar lewat Malang. Ke depannya, Mtrans berencana untuk memfasilitasi semua trayek yang dilayaninya dengan Sultan Class ini.

“Harapannya agar konfigurasi kursi seperti ini bisa mencegah penyebaran virus Corona saat bepergian,” ujar Simon. Diakui dengan inovasi tersebut ada penurunan kapasitas sekitar 30 persen, namun harga tiket tetap sama. Simon menambahkan untuk mencegah Covid ini pihaknya juga memberlakukan aturan sesuai protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah.

Sementara itu Rozi menjelaskan, bus ini menggunakan sasis Mercedes Benz OH 1626 air suspension yang tentunya memberikan kenyamanan sempurna bagi penumpang. Bus juga dilengkapi berbagai fasilitas. Kapasitas bagasi yang besar dan dilengkapi dengan freezer chiller juga. Termasuk fasilitas pengiriman kendaraan roda 2 yang sering digunakan oleh pelanggan Mtrans.

Lanjutnya, pada kursi paling depan bagian tengah, diberikan sekat agar penumpang bisa berpegangan ke depan.
Fitur lain yang ada pada kabin bus ini berupa colokan listrik dan USB yang tersedia pada setiap kursinya. Bahan yang digunakan pada kursi juga pesanan khusus dengan menggabungkan bahan mesh pada bagian atas dan fabric di bawah. 

Untuk diketahui harga tiket M Trans dimulai dari Rp 220 ribu sampai Rp 270 ribu. Harga berlaku juga untuk rute sebaliknya. (mal)
Bagikan Artikel

Rekomendasi