Bagikan Laptop dan Sarana Penunjang Sekolah, BI Bali Berharap Perlancar KBM

Selasa, 28 Juli 2020 : 21.47
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho/ist
Denpasar - Melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), KPwBI Provinsi Bali menyerahkan bantuan laptop dan sarana penunjang kepada sejumlah sekolah di Provinsi Bali dengan harapan bisa memperlancar kegiatan belajar mengajar (KBM).

"Sektor pendidikan ikut terdampak kebijakan pemerintah saat pandemi yang memindahkan proses pembelajaran dari sekolah menjadi di rumah, tentu saja membuat kelimpungan banyak pihak," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho.

Trisno menyampaikan itu saat seremonial penyerahan Program Sosial Bank Indonesia dalam rangka HUT BI dan HUT RI berupa penyerahan laptop dan sarana penunjang kepada SMAN 1 Dawan, Klungkung dan SMP Muhammadiyah Karangasem secara virtual, Selasa (28/7/2020).

Pandemi covid-19 yang mulai mewabah sejak Februari 2020 di Indonesia membawa perubahan pada segala sektor kehidupan.

Pemerintah berupaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 dengan menerapkan kebijakan social distancing. Warga negara juga diminta untuk senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Memakai masker jika harus keluar rumah dan rajin mencuci tangan dengan sabun.

Kebijakan social distancing ini tentu saja berpengaruh terhadap roda kehidupan manusia. Sektor ekonomi yang paling terasa dampaknya, karena hal ini menyentuh berbagai lapisan masyarakat.

Tersendatnya laju ekonomi mengakibatkan tertutupnya pemenuhan kebutuhan primer manusia. Negara pun akan sangat terbebani kalau harus menanggung segala kebutuhan pokok setiap penduduknya.

Konsep sekolah dari rumah mungkin tidak pernah menjadi arus utama dalam wacana pendidikan nasional.

Tetapi, lanjut Trisno, kebijakan social distancing memaksa perubahan dari pendidikan formal di bangku sekolah menjadi belajar dari rumah, dalam skala nasional.

Berdasarkan Siaran Pers Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No. 137/sipres/A6/VU/2020 tanggal 15 Juni 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19, disebutkan bahwa satuan pendidikan di zona kuning, oranye dan merah dilarang melakukan pembelajaran tatap muka.

Peralihan cara pembelajaran ini memaksa berbagai pihak untuk mengikuti alur yang sekiranya bisa ditempuh agar pembelajaran dapat berlangsung. Pilihan jatuh pada pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran daring.

Namun banyak faktor yang menghambat terlaksananya efektivitas pembelajaran daring ini seperti penguasaan para guru terhadap teknologi yang masih rendah, keterbatasan sarana dan prasarana, jaringan internet dan biaya kuota.

Melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), KPwBI Provinsi Bali menyerahkan bantuan laptop dan sarana penunjang kepada SMAN 1 Dawan, Klungkung dan SMP Muhammadiyah Karangasem masing-masing sebanyak empat unit. Bantuan ini diberikan dalam rangka HUT BI ke-67 dan HUT-RI ke-75.

Di tengah pembatasan sosial akibat pandemi covid-19 ini, kita harus tetap semangat mengejar dan mengajar ilmu pengetahuan. Pada zaman yang serba teknologi seperti saat ini, tidak menutup kemungkinan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) selanjutnya akan dilaksanakan secara daring. Untuk itu, seluruh insan pendidikan hendaknya mempersiapkan diri dalam mengikuti perkembangan zaman seperti saat ini.

Di era 4.0, seluruh aspek kehidupan tidak bisa lepas dari teknologi. Oleh karena itu literasi teknologi sangat penting bagi masyarakat, agar penggunaan teknologi betul-betul bermanfaat. Tanpa merugikan dan berdampak negatif terhadap tatanan kehidupan.  

"Kami berharap agar bantuan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi kelancaran Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sehingga bisa meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh," imbuhnya.

Majunya suatu bangsa dikarenakan majunya bidang pendidikan. Pendidikan merupakan kunci pembangunan sumber daya manusia. Mari bersama-sama kita mencetak SDM unggul untuk mewujudkan Indonesia Maju. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi