Warga Baru Yonarmed 1/Roket Harus Menjalani Tradisi Ini

Senin, 08 Juni 2020 : 07.28
Danyonarmed 1/Roket, Letkol Arm Lukas Meinardo Sormin, mengungkapkan, tradisi ini dilakukan untuk menjaga marwah Satuan agar terpatri di setiap warga baru yang akan memasuki pintu gerbang Yonarmed 1/ist.
Malang - Beragam tradisi harus bisa dilalui oleh setiap prajurit sebelum dinyatakan resmi menjadi warga Satuan Yonarmed 1/Roket Ajusta Yudha.

Danyonarmed 1/Roket, Letkol Arm Lukas Meinardo Sormin, mengungkapkan, tradisi ini dilakukan untuk menjaga marwah Satuan agar terpatri di setiap warga baru yang akan memasuki pintu gerbang Yonarmed 1.

"Sehingga, mereka memiliki kebanggaan yang menjadikan prajurit tersebut senantiasa memiliki jiwa petarung yang kuat,” ujar Sormin, Minggu, 7 Juni 2020.

Diawali pemeriksaan tekanan darah, para calon warga baru Yonarmed itu nantinya harus mengikuti Hanmars sepanjang 15 kilometer, hingga lari cross country sejauh 8 kilometer.

Tidak hanya itu, usai memasuki sesi istirahat, sholat dan makan yang digelar di area hutan pinus. “Sesudah itu, mereka melanjutkan kembali perjalanan untuk mencari sasaran. Karena, masih dalam materi navrat,” pungkas Letkol Meinardo.

Memasuki malam hari, ternyata bukanlah waktu istirahat bagi pelaku berganda. Ketika memasuki malam, pelaku berganda diwajibkan untuk melaksanakan caraka malam dengan teknis perorangan.

“Mereka harus membawa berita dan melewati pos-pos tertentu. Dimana pos itu, memiliki persoalan yang harus diselesaikan,” bebernya. “Kemudian membongkar berita di pos terkahir yang didapat dari tiap pos yang sebelumnya telah dilewati,” imbuh Danyonarmed 1/Roket.

Selain pembacaan sumpah warga baru, acara penutupan itu nantinya juga akan diselimuti dengan adanya pembacaan ikrar prajurit Ajusta Yudha. Pembacaan ikrar itu, dibalut dengan adanya pancaran cahaya api unggun yang berada di lokasi tersebut.

Kegiatan berganda ini, merupakan implementasi bagi prajurit agar selalu mengenal sejarah, serta orientasi lingkungan di Batalyon Armed 1/Roket. "Sebab, hanya memahami isi Satuan, belum lah cukup untuk dapat menjalankan tugas,” tutupnya.

Batalyon Artileri Medan 1/Ajusta Yudha (atau Yonarmed 1/Roket) adalah salah satu satuan bantuan tempur (Banpur) jajaran Resimen Artileri Medan 1/Putra Yudha Divisi Infanteri 2/Kostrad bermarkas di Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur dengan luas wilayah batalyon 30 hektare. (ahs)
Bagikan Artikel

Rekomendasi