Putri Koster: PKK Diharapkan Menjadi Pelopor dan Pembaharu Uang yang Inspiratif

Selasa, 23 Juni 2020 : 20.57
Ni Putu Putri Suastini Koster selaku Ketua TP PKK Provinsi Bali/ist
Denpasar
-  Tim Penggerak PKK diharapkan bisa menjadi pelopor dan pembaharu uang yang inspiratif.

Hal itu disampaikan Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian serangkaian Hari Kesatuan Gerak PKK ke-48 dalam sambutan yang dibacakan Putri Suastini Koster selaku Ketua TP PKK Provinsi Bali disampaikan hendaknya peringatan TP PKK tidak lagi bersifat ceremonial pada tahun-tahun ke depannya melainkan berupa kegiatan yang dapat dirasakan langsung oleh keluarga keluarga di Indonesia.

Dia juga mengajak kader PKK tidak hanya berada pada tataran wacana melainkan wajib turun ke lapangan dan melakukan karya nyata dalam mewujudkan keluarga yang sehat, cerdas dan inovatif sehingga 10 (sepuluh) program pokok PKK yang puluhan tahun sudah didengungkan.

Saat pandemi ini, diharapkan menjadi titik tolak untuk bekerja secara nyata turun ke tengah masyarakat untuk terlibat langsung dalam meringankan beban warga terdampak.

PKK agar kembali pada rohnya yaitu sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga yang artinya keluarga sebagai unit terkecil masyarakat mendapat pemberdayaan yang fokus pada potensi pada kebutuhannya yang secara langsung nantinya dapat mengetoktularkan kemampuan pada lingkungan sekitar tempat tinggal kemudian memberi manfaat bagi banyak pihak.

"Berarti gerakan PKK juga berpotensi memberdayakan masyarakat secara keseluruhan, sehingga sangat beralasan gerakan PKK untuk Indonesia maju," tandasnya.

Makna mendasar dari Indonesia maju sebagai visi pemerintah harus kita dukung sepenuhnya dengan semangat pembaharuan dan gerakan PKK dengan tujuan dapat mengembangkan daya kreasi dan kreativitas kita dalam memberdayakan keluarga dalam arti luas.

Setiap memperingati hari Kesatuan Gerak PKK, harus mampu menumbuhkan semangat yang menggelora karena TP PKK sebagai mitra kerja pemerintah harus mampu menjadi pelopor dan pembaharu uang yang inspiratif.

Bupati Klungkung mendampingi Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung sebagai Juara Umum perlombaan gerakan PKK dalam sambutannya mengatakan pihaknya akan terus bersinergi dengan Tim Penggerak PKK dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Klungkung.

Salah satunya dengan meningkatkan kepedulian terhadap sesama dengan cara menyalurkan bantuan atau kebutuhan masyarakat yang diperlukan dengan maksud dapat meringankan keluarga yang kurang mampu.

Karya nyata TP PKK Klungkung dan Pemerintah ditunjukkan dengan pemberian dan penyerahan bantuan 268 paket sembako untuk warga Banjar cukcukan dan 165 paket sembako untuk warga Desa Nyalian.

Pola pendekatan pergerakan peran serta masyarakat yang menjadi ciri khas TP PKK dalam berbagai aspek pembangunan merupakan modal sosial yang besar artinya.

Pergerakan peran serta atau partisipasi masyarakat dalam pembangunan adalah prinsip dasar gotong royong yang merupakan warisan budaya Bangsa.

Gerakan PKK adalah sesungguhnya potensi pembangunan bagi bangsa Indonesia dan dengan memahami potensi yang dimiliki maka harus di gelorakan dan pelihara serta kembangkan secara terus menerus.

Atas dasar itulah untuk penyelenggaraan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke depannya sebaiknya dilakukan ditengah masyarakat dengan melakukan kegiatan sosial seperti memberikan santunan kepada warga kurang mampu, bakti sosial, memberikan kegiatan sosial pelayanan kesehatan gratis.

Ada perhatian khusus pada kegiatan di posyandu karena masyarakat mendapatkan layanan kesehatan dasar yang mengandung aspek layanan kesehatan.

Kemudian, aspek pendidikan dan aspek ekonomianya sehingga posyandu dapat dijadikan arena diteksi dini bagi anak anak bergejala stunting yang saat ini menjadi program prioritas pemerintah dalam pencegahan stunting.

"Pemerintah sedang memacu berbagai program pembangunan melalui sejumlah kegiatan termasuk pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan keluarga untuk mewujudkan Indonesia maju. “Kita juga perlu menjaga sepenuhnya proses pembangunan itu dengan cara menjaga situasi yang kondusif di dalam keluarga dan lingkungan kita”, ungkap Tri dalam sambutan tertulisnya.

Melalui tema “Gerakan PKK Untuk Indonesia Maju” Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-48 saya mengajak seluruh kader TP PKK dan kader dasawisma untuk terus melakukan upaya penyelarasan program dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan penuh kreativitas.

Dengan begitu, dua (2) hal pokok yang harus dilakukan adalah terus menggelorakan semangat dan motivasi kita untuk Indonesia maju dengan bakti dan karya nyata serta bekerja tanpa pamrih dan mengembangkan daya inovasi dan kreativitas untuk kelangsungan program PKK yang selaras dengan garis kebijakan program Pemerintah.

Untuk ke depannya semangat yang ditanamkan harus tetap, pemberdayaan untuk kesejahteraan di pulau dewata ini tetap, namun penerapan protokol kesehatan tetap dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan diri kita dan orang lain.

Di akhir sambutan, Putri mengajak agar semua pihak turut serta mewujudkan visi Pemerintah Provinsi Bali yakni Nangun Sat Kerthi Loka Bali ditengah pandemi Covid-19 dengan cara membantu langsung warga terdampak yang khususnya tidak masuk daftar penerima bantuan dari Pemerintah. (rhm)


Bagikan Artikel

Rekomendasi