Karangasem Bahas Lokasi Karantina PMI dan Pemberlakuan New Normal

Kamis, 04 Juni 2020 : 19.24
Karangasem - Wakapolres Karangasem Kompol Aris Purwanto, S.H., S.I.K., M.H., menghadiri rapat koordinasi terkait penempatan PMI yang melakukan perjalanan dan sudah di karantina di Wisma Atlit dan pemberlakuan New Normal bagi ASN di Kab. Karangasem (4/6/2020).

Hadir dalam giat tersebut Wakil Bupati Karangasem, Dandim 1623 Karangasem Letkol, Waka Polres Karangasem, Sekda Kab. Karangasem, Kadishub Kab. Karangasem, Kadiskes Kab. Karangasem, Kepala Pelaksana BPBD Kab. Karangasem dan Camat Sekabupaten Karangasem.

Adapun susunan dalam giat rakor giat dibuka oleh PJ. Sekda Kab. Karangasem dengan menyampaikan agenda dari rakor tersebut yaitu terkait penempatan PMI yg melakukan perjalanan dan sudah di karantina di Wisma Atlit dan pemberlakuan New Normal bagi ASN di Kab. Karangasem.

Untuk penempatan PMI yg sudah di karantina di Wisma Atlit setelah sampai di Bali akan di tes Swab terlebih dahulu, bila hasil positif akan dikarantina di Provinsi dan bila Negatif dijemput oleh gugus tugas Kabupaten dilanjutkan dengan karantina mandiri yg diawasi gugus tugas Kecamatan serta dipantau oleh Puskesmas setempat.

Untuk Persiapan pelaksanaan New Normal yang diberlakukan hanya untuk ASN yang dimulai besok agar semua OPD mempersiapkan sesuai protokol kesehatan serta untuk pengawasan agar membuat satgas internal.

Wakil Bupati Karangasem menyampaikan ucapan terimakasi kepada seluruh instansi dalam pelaksanaan percepatan penanganan Covid-19 sehingga dapat terlaksana dengan baik.

Mengenai penempatan PMI yang sudah menjalani karantina di Wisma Atlit sesuai Surat Gubernur Bali No. 193/Gugus Covid-19/Vl/2020 Tgl 1 Juni 2020 bahwa dalam menunggu hasil tes Swab agar dikarantina oleh Kabupaten, mengenai penjemputan dilaksanakan oleh Kabupaten diantar ke Kecamatan.

Mengenai New Normal yang khuaus untuk ASN, agar para OPD wajib membuat satgas internal yg terdiri dari minimal 3 orang, maksimal 5 orang serta tetap diterapkan protokol kesehatan dan untuk Pegawai yg melaksanakan pelayanan diyakinkan tidak ada yg terinveksi Covid-19.

Dandim 1623 Karangasem menyampaikan mengenai PMI yang akan menlajankan karantina mandiri agar disosialisasikan kepada masyarakat bahwa yang bersangkutan telah melalui pengecekan kesehatan dan untuk New Normal bagi ASN dalam pelaksanaannya tetap diawasi sehingga sesuai dengan protokol Kesehatan.

Kadiskes Kab. Karangasem menyampaikan untuk PMI yang sudah melaksanakan Karantina di Wisma Atlit dan menjalani Swab dengan hasil Negatif akan diberikan surat keterangan sehat kemudian melanjutkan karantina mandiri selama 14 hari dengan dipantau gugus tugas dan Puskesmas setempat. (Riz)
Bagikan Artikel

Rekomendasi