Hujan Deras, Longsor Tutup Akses Jalan Raya Sading-Sempidi

Senin, 01 Juni 2020 : 07.50
Petugas TRC BPBD Badung membersihkan material longsor di Desa Sempidi Kecamatan Mengwi, Senin (1/6/2020) pagi/Kabarnusa
Mangupura - Setelah diguyur hujan deras sejak dinihari mengakibatkan terjadinya longsor di Desa Sempidi Mengwi Kabupaten Badung Bali sehingga akses jalan menghubungkan Desa Sading tertutup material longsor.

Peristiwa terjadi sekira pukul 04.51 Wita, sebagaimana laporan diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung, Senin (1/6/2020).

Petugas TRC BPBD Badung yang tiba di lokasi, langsung melakukan pembersihan meterial longsor. Beberapa jam akses jalan stretegis yang bisa tembus Desa Sempidi ke Sempidi dan Darmasaba itu, tidak bisa dilalui kendaraan.

Pengendara roda dua dan empat dari dua arah terpaksa putar haluan karena jalan tidak bisa dilalui.

Pantauan di lapangan, tampak material longsor batu besar, tanah bercampur air atau lumpur hingga batang dan ranting pohon masih di sekitar lokasi. Material longsor berasal dari sisi selatan tebing kawasan Setra atau kuburan Desa Adat Sempidi.

"Sementara kami membersihkan dahulu material longsor agar bisa dilewati kendaraan," ujar seorang petugas TRC BPDB Badung. Rencananya, BPBD Badung akan mendatangkan alat berat ke lokasi, untuk menyingkirkan batu besar dan material longsor.

Dalam kejadian itu, tidak ada laporan korban. Namun sebuah mobil Suzuki Karimun yang terpakir persis di tebing setra rusak berat. Kabin dan kaca mobil berantakan tertimpa longsor.

Tampak warga berdatangan ke lokasi untuk melihat dari dekat peristiwan longsor. Menurut penuturan warga, di lokasi kerap terjadi longsor. Bahkan ada korban jiwa saat longsor terjadi beberapa tahun silam.

Meski ada papan himbuan untuk tidak parkir kendaraan maupun berjualan, namun tetap saja sebelum kejadian longsor terakhir ini, masih ada warga yang nekat parkir bahkan berjualan di sekitar lokasi. (rhm)
Bagikan Artikel

Rekomendasi