Ditbinmas Polda Bali Nilai Lomba Siskamling di Jembrana

Selasa, 16 Juni 2020 : 13.21
Jembrana - Untuk meningkatkan peran serta warga dalam Perpolisian Masyarakat (polmas) demi terciptanya situasi keamanan yang kondusif, maka Polri dalam hal ini Direktorat Bimbingan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Bali kembali melaksanakan Lomba Pos Kamling ke wilayah Hukum Polda Bali.

Guna mengecek kesiapan warga masyarakat di dalam bergotong royong menghadapi gejolak Perekonomian yang tidak stabil dan masalah Pandemi Kesehatan berupa penyebaran Virus Covid 19 yang belum ada tanda tanda kapan akan berakhir.

Direktur Binmas Polda Bali yang diwakili Oleh Kepala Sub Direktorat Pembinaan Perpolisian Masyarakat (Kasubdit Bin Polmas) Direktorat Binmas Polda Bali AKBP. Drs. I Nengah Danya Pawitra didampingi staff Subdit Bin Polmas melaksanakan penilaian lomba siskamling tingkat Polda di Pos Kamling Desa Delod Berawah, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, (15/05/2020).

Pada kesempatan ini Kasubditbinpolmas menyampaikan "Pentingnya partisipasi masyarakat melalui pengamanan Swakarsa siskamling untuk menjaga lingkunganya agar terhindar dari ancamanan gangguan kamtibmas yang setiap saat bisa terjadi", ujarnya.

Ditambahkan oleh Pamen Polda Bali dengan Pangkat Melati Dua di Pundak ini bahwa Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Mabes Polri saat ini juga mendorong mewujudkan kampung tangguh dan khusus di Bali Direktur Binmas Polda Bali menamakan 'Desa Tangguh Dewata' dengan sasaran 3 aspek ketangguhan.

Pertama, tangguh dibidang kesehatan khususnya menghadapi pandemi COVID -19 agar masyarakat tidak terpapar virus corona.

Kedua, tangguh dibidang ekonomi dimana ditengah wabah COVID19 banyak masyarakat kehilangan penghasilan namun bagaimana caranya masyarakat dapat mampu mengatasi kesulitan ekonomi dengan cara cara yang baik.

Ketiga, tangguh dibidang Keamanan dimana ditengah sulitnya perekonomian masyarakat tentu berimbas kepada meningkatnya gangguan kamtibmas dan oleh karena itu kegiatan siskamling adalah salah satu upaya untuk menangkal gangguan kamtibmas yang terjadi di lingkungan masyarakat", tutupnya.

Kegiatan penilaian Pos siskamling diakhiri dengan pengarahan Ketua Tim penilai, Penampilan Peragaan Kemampuan Petugas Pos Kamling dan Pendalaman pengecekan Pos Kamling dan kelengkapannya. (Riz)
Bagikan Artikel

Rekomendasi