Bupati Mas Sumatri Ikuti Siaran Langsung Peringatan Hari Lahir Pancasila

Senin, 01 Juni 2020 : 19.41
Bupati Mas Sumatri yang turut mengikuti acara siaran langsung Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 yang disiarkan melalui program TVRI atau kanal Youtube Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP)/ist.
Amlapura - Hari Lahir Pancasila diperingati pada Senin (1/6/2020) termasuk diikuti Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri. Namun, pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini terasa berbeda. Sebab wabah virus corona masih melanda Indonesia.

Meski demikian, bukan berarti tak ada upacara untuk memperingatinya. Para kepala daerah tetap wajib mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila secara online dari kediaman masing-masing.

Presiden RI melalui Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, mengatakan para kepala daerah wajib mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila melalui video conference, Instagram, Facebook, dan YouTube BPIP.

Selain itu bisa mengikuti upacara melalui siaran TVRI.

Intruksi ini dilaksanakan Bupati Mas Sumatri yang turut mengikuti acara siaran langsung Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 yang disiarkan melalui program TVRI atau kanal Youtube Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Acara bertempat di Ruang KMC Bupati Karangasem, disinkronkan dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) antara Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar dengan Pemerintah Kabupaten Karangasem tentang Kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta pengembangan dan pemberdayaan sumber daya.

Turut hadir Wakil Bupati Karangasem, Rektor Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Dr. Drs., I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si, asisten 1, Kepala Kesbangpol, Sekretaris Bappelitbangda, Kabag Humas dan Protokol, Kabag Adpem beserta Kasubag dan Kepala DPMD.

Kesepakatan bersama ini bertujuan untuk membina dan meningkatkan hubungan kelembagaan antara para pihak dalam rangka pengembangan kelembagaan, dengan memanfaatkan sumber daya para pihak untuk mengoptimalkan pembangunan di Kabupaten Karangasem.

Selain itu, kesepakatan bersama ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dan fungsi dalam melaksanakan, mengembangkan dan meningkatkan berbagai kegiatan melalui pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Rektor UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Dr. Drs., I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si , dalam kesempatan tersebut mengucapkan terimak kasih atas kerjasama yang disepakati bersama Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri.

Dia menjelaskan, Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar resmi beralih status menjadi Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

Perubahan status IHDN Denpasar menjadi UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar ini, setelah dikeluarkannya peraturan Presiden (Perpres) 20/2020 tentang Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar telah ditandatangani Presiden Jokowi.

“I Gusti Bagus Sugriwa tercatat sebagai tokoh Nasional tetapi belum tercatat secara resmi, banyak ketokohan beliau yang tersembunyi, maka dari itu kami memilih nama beliau sebagai nama universitas kami,” ujarnya.

Saat ini, UHN sudah membuka 10 prodi. Salah satunya prodi kesehatan. Prodi ini diyakini akan sangat diminati.

Guna memberikan informasi lebih banyak tentang kampus ini kepada masyarakat Karangasem khususnya,pihaknya memohon izin melaksanakan KKN di Bumi Lahar yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Juni hingga Agustus 2020.

“KKN ini nantinya yang pertama kalinya di Kabupaten Karangasem dan diharapkan bisa mempersembahkan sesuatu untuk Karangasem,” jelasnya.

Bupati Gusti Ayu Mas Sumatri menyampaikan, dalam kondisi Covid 19 kegiatan belajar mengajar memang diharapkan Pemerintah dapat tetap berjalan.

“Saya selaku Bupati Karangasem mempersilakan melanjutkan mengkomunikasikan kegiatan yang akan dilaksanakan, dalam situasi covid ini kita akan berusaha menerapkan new normal,” terangnya.

Namun, pihaknya tetap menekankan agar semua mahasiswa harus menjaga ketertiban, agar semua bisa terjaga. Mereka nantinya diharapkan tetap mengikuti himbauan pemerintah utamanya dalam menjalankan protokol kesehatan Covid 19.

“Saya berharap protokol kesehatan harus diterapkan supaya semua terjaga. Saya ucapkan selamat juga atas perjuangannya dalam mencapai status universitas Agama Hindu Negeri Pertama bagi UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar,” tutupnya. (nik)
Bagikan Artikel

Rekomendasi