Wabup Artha Dipa Dukung Tenaga Medis Tangani Covid-19

Rabu, 06 Mei 2020 : 10.02
Amlapura - Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa mensupport para tenaga medis, baik dalam bentuk moral maupun materi. Pasalnya, merekalah yang berada di garda terdepan untuk menangani, melayani dan menyembuhkan masyarakat yang terjangkit virus tersebut.

Dukungan diberikan Wabup Artha Dipa dengan menyerahkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) untuk beberapa puskesmas dan Rumah Sakit yang ada di Karangasem, Selasa (5/5/2020).

APD diharapkan mampu menjaga tenaga medis yang ada di puskesmas-puskesmas agar terhindar dari transmisi virus dari pasien sehingga bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Total Alat Pelindung diri yang diserahkan Wabup Artha Dipa yaitu 32 APD, 32 Kaca Mata dan 32 Face Shield.

Dibagikan diantaranya, kepada petugas medis di Puskesmas Karangasem I di Perasi dengan total 6 APD, 6 Kaca Mata, 6 Face Shield, diterima oleh kepala Puskesmas drg. Ni Luh Sri Panca Parwita Sari.

Puskesmas Karangasem II di Seraya dengan total 6 APD, 6 Kaca Mata, 6 Face Shield diterima oleh dr. I Ketut Duara, M.Kes. Selanjutnya di RSUD Karangasem dengan total 10 APD, 10 Kaca Mata, 10 Face Shield diterima oleh direktur Rumah Sakit dr. I Wayan Suardana, M.Repro.

Wabup Artha Dipa juga menyerahkan APD untuk petugas di RS Balimed dengan total 5 APD, 5 Kaca Mata, 5 Face Shield diterima oleh direktur Rumah Sakit dr. I Nengah Suranten, MM.

Terakhir di PSC Karangasem 119 dengan total 5 APD, 5 Kaca Mata, 5 Face Shield diterima oleh Kadis Kesehatan dr. I Gusti Bagus Putra Pertama.

“Di tengah mewabahnya virus Corona,saya terketuk hati untuk membantu para tenaga medis karena mereka harus diberikan dukungan sehingga dalam melayani pasien berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Menurutnya, para tenaga medis sudah bekerja keras mempertaruhkan kesehatan, bahkan nyawanya, demi melindungi masyarakat.

"Sudah saatnya kita bergerak untuk melindungi tenaga medis ini, setidaknya dalam meningkatkan semangat kerja sekaligus melindungi mereka saat bertugas di lapangan," ujarnya.

Dalam tiap kesempatan, dia menekankan agar pihak medis atau kesehatan jangan terlalu membuat pernyataan yang berlebihan. Karena setiap kat-kata atau pernyataan adalah sebuah doa. “Kita harus tetap berpikir positif dengan keadaan yang seperti sekarang ini,” ujarnya.

Saat ini, wabah Coronavirus Disease ( Covid-19) menjadi isu kesehatan yang paling menghebohkan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia khususnya di Kabupaten Karangasem, Bali.

Jangan sampai petugas medis atau kesehatan justru ikut serta menyebarkan hoaks yang membuat masyarakat menjadi resah. Artha Dipa meminta, para petugas medis dan kesehatan turut serta mengkampanyekan perilaku hidup bersih dan sehat kepada masyarakat.

Masyarakat harus terus diedukasi untuk selalu mengikuti arahan atau petunjuk pemerintah diantaranya selalu menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah serta menerapkan sosial distancing ataupun physical distancing.

Ia juga mensuport para tenaga kesehatan, yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi covid-19. Dengan beban tugas dan tanggungjawab berat, serta memiliki resiko lebih besar terjangkit virus.

Untuk itu, dia berharap, mudah-mudahan bantuan yang diserahkan ini dapat mendukung kelancaran para tenaga medis dalam menjalankan tugasnya. Sehingga dengan adanya langkah ini bisa menginspirasi masyarakat luas dan instansi lainnya untuk turut bergerak mendukung kerja tenaga medis.

“Kita berdoa bersama, semoga pandemi ini segera berlalu dan kita semua selalu diberikan kesehatan,” tuturnya. (nik)
Bagikan Artikel

Rekomendasi