Letkol Laut (P) Joko Setiyono Resmi Jabat Danlanal Banyuwangi

Senin, 11 Mei 2020 : 22.49
Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) V Laksma TNI Tedjo Sukmono.memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Lanal Banyuwangi digelar di Mako Lantanal V, Tanjung Perak Surabaya, Senin (11/5/2020)/ist.
Surabaya - Jabatan Komandan Lanal Banyuwangi Jawa Timur diserahterimakan dari Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal, kepada penggantinya Letkol Laut (P) Joko Setiyono.

Serah terima jabatan dalam suatu organisasi merupakan bagian dari pembinaan personel untuk memberikan kesempatan dan peluang bagi para perwira untuk mengembangkan karier serta mengaktualisasikan kemampuan konseptualnya guna mewujudkan kinerja organisasi yang lebih baik.

"Dengan serah terima jabatan ini, diharapkan dapat tercipta semangat baru dan penyegaran pemikiran guna terus meningkatkan kualitas kinerja, baik bagi organisasi maupun personel yang bersangkutan," ujar Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) V Laksma TNI Tedjo Sukmono.

Sukmono memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Lanal Banyuwangi yang digelar di Ruang Serambi Mako Lantanal V Jl. Laksda M. Nazir No. 56 Tanjung Perak Surabaya, Senin (11/5/2020).

Menurut Danlantamal V, Pangkalan TNI AL Banyuwangi, adalah satuan pelaksana Lantamal V yang berkedudukan langsung di bawah Komandan Lantamal V, yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan dukungan administrasi, logistik, pembinaan potensi maritim dan daerah serta tugas-tugas lain berdasarkan kebijakan pimpinan.

Ditinjau kondisi geografis serta perkembangan lingkungan strategis dewasa ini dengan wilayah kerja Lanal Banyuwangi yang luas, jika dihadapkan pada tugas, peran, dan fungsi suatu pangkalan, tampak jelas bahwa keberadaan Lanal Banyuwangi mempunyai peran yang penting.

Hal ini dapat dilihat dari besarnya potensi yang ada di kawasan ini. Potensi sumber daya yang terkandung di daerah pesisir dan perairan kawasan tersebut, merupakan sandaran hidup dan masa depan yang cerah bagi masyarakat di wilayah masing-masing.

Perlu adanya upaya-upaya guna lebih mendinamisasikan pembangunan kelautan, mulai penanaman semangat jiwa bahari, pembinaan masyarakat desa pesisir, sampai kepada upaya-upaya konseptual pendayagunaan potensi kelautan melalui penerapan teknologi tepat guna, yang dapat memberikan nilai tambah dalam pengelolaan sumber daya maritim.

Di balik besarnya potensi kekayaan yang ada, kita harus tetap meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan terhadap kemungkinan timbulnya berbagai ancaman dan kerawanan pelanggaran tindak pidana di dan atau lewat laut seperti illegal logging, illegal fishing.

Juga, perompakan, perselisihan antar kelompok nelayan. Kita menyadari bahwa terlaksananya tugas pokok pangkalan, tentu tidak terlepas dari dukungan pejabat pemerintah daerah dan unsur forkopinda serta segenap lapisan masyarakat.

"Untuk itu kepada pejabat komandan pangkalan yang baru agar selalu meningkatkan koordinasi dan kerja sama dengan pemerintah daerah dan instansi terkait di wilayah kerja Lanal masing-masing," tandasnya.

Tampak hadir pada acara serah terima jabatan tersebut, Wadan Lantamal V Kolonel Marinir Jasiman Purba, S.E., Para Asisten Danlantamal V, serta Para Kasatker Lantamal V. (riz)
Bagikan Artikel

Rekomendasi