Dukung RSUD di Bali Tangani Covid-19, TBIG Donasikan Ventilator dan APD

Jumat, 22 Mei 2020 : 13.39
Penyerahan donasi berupa mesin ventilator dan APD oleh perwakilan TBIG diwakili Area Operation Div Head – 3 TBIG, Dwi Puja Sastra dan Regional Operation Maintenance Dept. Head – BaliNusra TBIG, Kusbadi kepada Wakil Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara di RUSD Wangaya didampingi Plt Direktur RSUD Wangaya dr Dewa Putu Alit Parwita di Denpasar, Jumat (22/5/2020).
Denpasar - PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (“TBIG”) mencanangkan program CSR bertema “Bersama Kita Berbagi” untuk berkontribusi meringankan beban warga masyarakat dan rumah sakit menghadapi kondisi saat ini.

Program CSR itu untuk menyikapi perkembangan sosial yang terjadi selama Covid-19. Melalui program ini, TBIG mendukung Pemerintah Kota (“Pemkot”) Denpasar dan Pemerintah Kabupaten (“Pemkab”) Badung, Bali.

Dukungan diberikan dengan mendonasikan mesin ventilator dan alat pelindung diri (APD) untuk penanganan Covid-19 yang nantinya akan disalurkan ke RSUD di kedua wilayah tersebut.

Melalui donasi ini, diharapkan dapat membantu tenaga medis dan rumah sakit dalam merawat pasien Covid-19.

Penyerahan donasi berupa mesin ventilator dan APD oleh perwakilan TBIG diwakili Area Operation Div Head – 3 TBIG, Dwi Puja Sastra dan Regional Operation Maintenance Dept. Head – BaliNusra TBIG, Kusbadi kepada Wakil Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara dan perwakilan Pemkab Badung di Bali, Jumat (22/5/2020).

Selanjutnya bantuan itu, akan difasilitasi oleh Pemkot Denpasar dan Pemkab Badung untuk disalurkan langsung ke RSUD Wangaya Denpasar dan RSUD Mangusada Badung.

Dwi Puja Sastra menjelaskan, donasi ini merupakan bentuk aksi sosial dan kepedulian perusahaan kepada masyarakat atau corporate social responbility (CSR) yang telah dijalankan sejak 23 April.

Kegiatan ini, bertepatan dengan datangnya bulan Ramadan hingga beberapa minggu ke depan diberbagai wilayah di Indonesia.

“Di tengah pandemi virus ini, ia pun mengajak seluruh komponen bangsa untuk bahu-membahu bersama membantu pemerintah melakukan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 mengingat banyaknya rumah sakit yang mulai kesulitan mendapatkan APD dan alat medis yang memadai untuk penanganan pasien Covid-19,” ungkapnya.

Regional Operation Maintenance Dept. Head – BaliNusra TBIG, Kusbadi menambahkan tenaga medis yang berada di garda terdepan dalam menghadapi wabah ini perlu mendapatkan perhatian.

"Bantuan donasi saat ini diprioritaskan pada APD dan mesin ventilator untuk mendukung RSUD menambah stok yang memadai untuk penanganan pasien Covid-19,” jelasnya.

Dua unit mesin ventilator nantinya diberikan kepada RSUD Wangaya Denpasar dan RSUD Mangusada Badung. Selain itu, TBIG juga memberikan bantuan 10.130 masker medis, 2.386 pasang sarung tangan medis, 936 hazmat suit dan forehead thermometer sebanyak 8 unit.

TBIG berharap donasi ini dapat bermanfaat sebaik-baiknya dan dapat digunakan oleh tenaga medis dan RSUD yang memiliki peranan penting dalam garis terdepan penanganan Covid-19.

Pemkot Denpasar dan Pemkab Badung juga mengapresiasi donasi alat medis dan APD untuk kebutuhan para tenaga medis dan RSUD di kedua daerah tersebut. Saat ini kebutuhan APD dan alat medis sangat dibutuhkan RSUD untuk melindungi tenaga medis dalam merawat pasien Covid-19.

Data pemerintah menyebutkan hingga Kamis 21 Mei 2020 menyebutkan wilayah Provinsi Bali jumlah terkonfirmasi positif sebanyak 374, meninggal 4 orang dan sembuh lebih tinggi sebanyak 280 orang dan dalam perawatan 90 orang.

Plt Direktur RSUD Wangaya dr Dewa Putu Alit Parwita menyampaikan terima kasih atas bantuan mesin ventilator dan alat pelindung diri (APD) yang sangat bermafaat bagi pelayanan untuk Covid 19 atau Satgas Covid-19.

Diketahui, alat tersebut merupakan alat bantu nafas ketika pasien mengalami gangguan pernafasan maka alat tersebut akan dipergunakan. Makanya, adanya alat mesin ventilator ini, bisa membantu dan sangat penting sekali selain obat-obat lainnya.

"Karena ini alat bantu nafas sifatnya mekanik, ketika pasien mengalami gangguan pernafasan berat akan dibantu alat ini," tuturnya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih dengan peralatan ini, dan ke depan akan mengembangkan ruang isolasi. Sebagaimana diketahui, ruang isolasi merupakan kebutuhan mutlak di rumah sakit.

"Disamping melayani pasien Covid-19 dan pasien lainnya, mudah mudahan pandemi Covid019 ini bisa segera mereda sehingga beban kita bisa berkurang," harapnya. (rhm)
Bagikan Artikel

Rekomendasi