Upacara Peneduh Gumi Digelar Desa Adat Bungaya

Selasa, 21 April 2020 : 20.55
Sabha Desa Adat Bungaya I Gede Krisna Adi Widana/ist
Amlapura - Desa Adat Bungaya, Bebandem, Karangasem gelar upacara nunas ica peneduh gumi pada saat Tilem Sasih Kesanga yang jatuh pada Rabu, (22/04/2020).

Dalam pelaksanannya, warga Desa Adat Bungaya dihimbau menghaturkan berupa bantem rayunan putih kuning disanggah kemulan dan Saagan putih kuning dihaturkan dinatar sanggah atau merajan.

Sabha Desa Adat Bungaya I Gede Krisna Adi Widana menghimbau warga untuk menghaturkan segehan 9 tangkih meulam bawang, jahe dan garam yang dilengkapi dengan sarana petabuhan.

"Kegiatannya akan dilaksanakan besok (22 April 2020), kita sudah lakukan sosialisasi ke wilayah 17 Banjar yang ada di Desa Adat Bungaya," kata Widana, Selasa (21/04/2020).

Tidak hanya himbauan untuk menghaturkan beberapa banten tersebut, warga juga diminta tetap diam di rumah imasing - masing kecuali ada hal yang bersifat darurat.

Himbauan tersebut berlaku di seluruh wilayah Desa Adat termasuk untuk warga yang memiliki usaha baik itu dipasar, toko, minimarket maupun warung agar tidak beroperasi selama satu hari saat dilaksanakannya upacra. (nik)
Bagikan Artikel

Rekomendasi